Daftar Ketemu di KPU, MC dan Ivo-Pasti Sepakat Dukung Pilkada Damai

BENGKAYANG, SB – Dua pasangan Bakal Calon Bupati dan wakil Bupati Bengkayang kompak mendaftarkan diri di KPU Bengkayang pada hari pertama pembukaan. Dua pasangan bakal calon tersebut yakni Herman Ivo – Yohanes Pasti dan Martinus – Carlos Dja’afara.

Pendaftaran kedua pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati ini tetap mengikuti protokal kesehatan Covid-19.

Herman Ivo – Yohanes Pasti tiba di KPU Bengkayang pukul 14.00, diantar oleh ketua tim pemenangan, parpol pengusung dan LO. Pasangan Ivo – Pasti di usung partai Demokrat dan PKB. Selisih satu jam kemudian, pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bengkayang Martinus- Carlos Dja’afara tiba di KPU di iringi tarian Dayak. Pasangan MC ini di usung PDI-P dan NasDem kemudian didukung oleh tujuh partai politik lainnya yang di sebut koalisi “Bengkayang Bangkit, Maju, Hebat”.

Dalam kesempatan ini, Herman Ivo sebagai bakal calon Bupati Bengkayang menyatakan, pihaknya telah mendaftar di KPU dan semua berkas sudah diserahkan untuk diperiksa KPU. Ia menyatakan siap bertarung pada Pilkada 2020 ini, dan siap menang.

“Pasangan Ivo- Pasti menang!, Kita sudah mendaftar di KPU, dan tentu kita siap dalam kontestasi ini,” ungkap Ivo usai mendaftar di KPU Bengkayang.

Sementara itu, Ivo menegaskan akan konsen dan fokus pada pertanian demi kebaikan pangan masyarakat di kabupaten Bengkayang. Selain itu, jika terpilih menjadi Bupati Bengkayang tentu kata Ivo akan memperjuangkan peraturan daerah tentang hak hutan adat.

Ketua Tim Pemenangan Martinus- Carlos (MC), Eddy menyatakan, semua berkas persyaratan pendaftaran sudah dilengkapi.

“Berkas pencalonan itu kan surat pencalonan yang ditandatangani oleh Ketua dan sekretaris PDI Perjuangan dan Partai NasDem, kemudian Rekomendasi DPP dalam bentuk Model B1 KWK yang di tandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal juga sudah lengkap, serta SK kepengurusan juga udah dianggap sesuai oleh KPU Kabupaten Bengkayang. Sedangkan untuk berkas syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati juga sudah kita lengkapi semuanya,” ungkap Eddy.

Eddy melanjutkan, alasan mendaftarkan pasangan calon pada hari pertama pendaftaran karena mengikuti instruksi dari DPP PDI Perjuangan yang meminta seluruh daerah yang ikut Pilkada, agar secara serentak mendaftarkan pasangan bakal calon pada hari Rabu, tanggal 4 september 2020.

“Terkait dengan pandemi corona, maka kami akan menerapkan protokol covid-19 sesuai dengan anjuran Pemerintah, oleh sebab itu kami tidak membawa massa pada saat pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan kami usung dan kami dukung. Namun jika ada pendukung yang juga ingin berpartisipasi pada saat mendampingi pasangan calon, dalam pendaftaran ke KPU tentu kami tidak mungkin untuk melarang, namun kami menghimbau kepada Masyarakat agar memahami kondisi saat ini kita menghadapi pandemi covid-19. Sehingga jangan sampai euforia kita yang berlebihan mengakibatkan masalah bagi kita semua. Kami mohon doa dan restu kepada suluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang,” tutup Eddy.

Ketua KPU kabupaten Bengkayang, Musa Jairani menyatakan, pada hari pertama pembukaan pendaftaran, Jumat (4/9) ada dua tim yang sudah mendaftar di KPU Bengkayang, yaitu Herman Ivo- Yohanes Pasti, dan Martinus – Carlos Dja’afara.

“Maka secara resmi hari ini ada dua pasangan yang mendaftar di KPU, dan nanti statusnya akan kita keluarkan setelah ada hasil verifikasi berkas,” ungkap Musa.

Musa menyampaikan, pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati Bengkayang akan dibuka selama tiga hari, 3-6 September 2020.

Kapolres Terunkan Personil Amankan Tahapan Pendaftaran

Polres Bengkayang turunkan sebanyak 50 personil dalam mengamankan situasi pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati Bengkayang hari ini. Terkait pengamanan pihaknya sesuaikan dengan prosedur, ekalasi dan situasi , dan berharap setiap tahapan Pilkada dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

“Pengaman kami tergantung dengan situasi yang digelar, dan kebetulan saat ini kita hadirkan kurang lebih 50 personil,” ungkap Kapolres Bengkayang, AKBP Natalia Budi Darma.

Kapolres berharap dalam situasi pilkada ini, kepada kontestan dalam hal ini bakal calon harus disemangati perjuangan di masyarakat. Ia juga berharap kepada bakal calon, simpatisan, serta semuanya sama-sama mensukseskan tahapan Pilkada ini, dalam rangka menjaga kondusifitas, dan keamanan di Bengkayang, demi pembangunan di kabupaten Bengkayang. (Robin)

Check Also

Peduli Sesama, Korban Kebakaran di Desa Bungin Balangan Dapat Bantuan

PARINGIN, SuaraBorneo – Sebagai bentuk kepudulian terhadap para korban kebakaran di Desa Bungin, Kecamatan Paringin …