Dinas Sosial Sosialisasi DTKS Pada Aplikasi SIKS-NG

SINTANG, suaraborneo.com – Pemerintah kabupaten Sintang melalui Dinas Sosial menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) pemutakhiran basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kabupaten Sintang melalui sistem informasi kesejahteraan sosial generasi mendatang (SIKS-NG) di balai Gaok kecamatan Kelam Permai, Selasa (8/9/2020).

Erniati, S. Sos, M.Si, Kabid Rehabilitasi Sosial Perlindungan dan Jaminan Sosial kabupaten Sintang mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya penanganan kemiskinan di kabupaten Sintang.

“Jadi kita adakan sosialisasi dan Bimtek seperti ini untuk memperkenalkan aplikasi SIKS-NG operator Desa atau pendata agar data kemiskinan bisa terverifikasi dengan baik, yang otomatis penanganan kemiskinan juga bisa dilakukan dengan baik” ungkapnya.

Menurutnya, aplikasi yang dibuat oleh Kemensos Republik Indonesia ini akan selalu di upayakan dan data bisa terlaporkan.

“Aplikasi ini untuk mensinergikan seluruh perangkat yang ada di kabupaten Sintang baik Desa, Kecamatan, RT, RK dan RW agar bisa melakukan pengawasan dan dua kali yang bisa diandalkan atau pengungkit dan validasi,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi dan Bimtek aplikasi SIKS-NG ini diikuti oleh kepala desa dan operator SIKS-NG yang ada di Kecamatan Kelam Permai dan akan menjadi petugas pendata atau operator aplikasi dari 17 Desa se kecamatan Kelam Permai. (Ps)

Check Also

TNI Perbatasan Berhasil Gagalkan Penyeludupan Orang, Diduga Kuat Jadi PMI Ilegal ke Malaysia

SANGGAU, SB – Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas berhasil mengagalkan penyeludupan …