Launching Program Internet Desa, Rupinus Ingin Desa Maju Lewat Internet

SEKADAU, suaraborneo.com – Sehubungan dengan telah selesainya pembangunan Internet Desa, Bupati Sekadau, Rupinus menghadiri kegiatan launching internet Desa program Kampung Online untuk Desa-desa di Kecamatan Sekadau Hulu dan Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau, di kantor kecamatan Sekadau Hulu, Rabu (9/9/2020).

Ditahun 2020 ini tercatat ada dari 15 desa yang ada di Sekadau Hulu, sudah terdapat 7 desa di kecamatan Sekadau Hulu dan 2 desa di kecamatan Nanga Taman yang di launching dan mendapat Web Desa yg akan terintegrasi Internet Desa, Web Desa bertujuan agar setiap Desa dapat mempromosikan potensi unggulan UMKM desa dan mendapat informasi dari sana.

Dalam Sambutannya Bupati Sekadau Rupinus mengungkapkan, program kampung online ini merupakan program untuk menuju desa mandiri.

‚ÄúDunia sudah semakin canggih, makanya kita adakan program ini, dan untuk menuju desa mandiri. Program kampung online ini juga diaspesiasi oleh pak Gubernur,” kata Rupinus.

“Mari kita gunakan jaringan internet ini dengan bijak, jangan sampai salah penggunaaan, karna ada pematah mengatakan mulutmu adalah harimaumu, sekarang jarimu harimaumu,” tegas Rupinus mengakhiri sambutannya.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo kabupaten Sekadau, Sabas mengatakan internet desa ini adalah salah satu indikator desa menjadi desa mandiri.

“Program internet desa ini menjadi salah satu indikator desa menuju desa mandiri,” kata Sabas.

“Tolong digunakan secara baik, untuk mengekspost potensi dan BUMDes desa masing masing dan jangan sekali kali mengunakan jaringan internet ini untuk Shire berita hoax, ini melanggar UU ITE,” tambah Sabas.

Camat Sekadau Hulu, Aloysius Ashari, mengatakan bemula dari perihatin nya terhadap desa di kecamatan Sekadau Hulu yang tidak mendapat jaringan sama sekali, contohnya desa Sunsong.

“Bermula dari pengalaman kami, contoh di desa Sunsong, kemaren untuk mendata data BLT dan BST sangat susah, karena jaringan khusus nya di desa Sunsong sama sekali tidak ada jaringan internet,” kata Aloysius Ashari.

Kedepan Program Internet Desa akan terus diperluas dengan lebih banyak lagi desa yang dijangkau. Program tersebut juga sebagai wujud mendukung program pemerintah pusat dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan uji coba launching vidio confres bersama desa yang dilaunching.

Turut hadir dalam acara tersebut ketua DPRD kabupaten Sekadau Radius Effendy, anggota DPRD Sekadau dapil II Paulus Subarno, Kepala dinas kominfo, Sabas, anggoto forkopimda kabupaten Sekadau, ketua GOA kecamatan Sekadau Hulu, kepala Desa se kecamatan Sekadau Hulu dan Nanga Taman, pastor paroki Rawak serta tokoh agama, dan undangan lain nya. (Ps)

Check Also

Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalteng Ben-Ujang Ziarah Ke Makam Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ir. Ben …