Monitoring Menara Telekomunikasi Serta Pemasangan Stiker Tanda Lunas Retribusi Menara Di Kembayan

SANGGAU, SB – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau Melaksanakan Tugas Monitoring dan Pengawasan Menara Telekomunikasi dan Pemasangan Stiker Tanda Lunas Retribusi Menara Telekomunikasi Dalam Wilayah Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Selasa (8/9/2020).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakili Kasubbag Perencanaan, Keuangan, Aset dan Akuntabilitas Kinerja, Andreas Ege, menyampaikan pada kesempatan tersebut dalam rangka pengawasan (pengecekan) ini setiap tahunnya rutin dilaksanakan guna untuk memastikan keberadaan beberapa menara di wilayah Kecamatan Kembayan berfungsi dengan baik atau tidak.

“Di Kecamatan Kembayan sendiri terdapat beberapa menara yang dilakukan monitoring yaitu lima menara Telkomsel, dua menara Indosat, satu menara XL, satu menara Tower Bersama (TBIG) dan enam menara milik Protelindo,” jelasnya.

Setelah dilakukan pengecekan, lanjut dia, semuanya dapat berfungsi dengan baik atau optimal, terlebih pihak perusahaan sudah melunasi retribusi menara telekomunikasi setiap tahunnya kepada pihak Pemerintah Daerah.

“Sehingga menara tersebut ditempelkan stiker retribusi tahun 2019 sebagai tanda lunas sesuai dengan Perda Kabupaten Sanggau No. 04 Tahun 2017. Terkait dengan monitoring dan pengawasan menara tersebut, merupakan tugas dan fungsi Dinas Kominfo sebagai jasa pelayanan untuk masyarakat terhadap perusahaan telekomunikasi yang telah memenuhi kewajiban untuk membayar retribusi menara telekomunikasi setiap tahunnya,” ujarnya.

Lanjut Ege menyampaikan rencana tindak lanjut dari hasil monitoring di lapangan itu jika terdapat masalah, maka dari Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau akan segera menyampaikan kondisi yang ada di lapangan agar ditindaklanjuti oleh pihak swasta sebagai Perusahaan yang mengelola menara, sehingga menara-menara tersebut dapat berfungsi dengan baik.

“Kedepannya akan terus dilakukan koordinasi dan monitoring kelayakan dan kondisi dilapangan terkait menara telekomunikasi yang ada di Kabupaten Sanggau, sehingga menara-menara telekomunikasi yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau dapat dipastikan kondisi kelayakannya, terjaga dan berfungsi dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat,” pungkasnya. (Bry)

Check Also

Bermasalah, 240 WNI di Deportasi Dari Malaysia Lewat PLBN Entikong Dalam Kondisi Sehat

SANGGAU, SB – Ditengah pandemi Covid-19 saat ini Pemerintah Negara Malaysia kembali memulangkan Warga Negara …