Pembukaan MTQ Suara Emas ke-4 Tingkat Provinsi Kalsel Secara Virtual

KANDANGAN, Suaraborneo.com – Kafilah Ikatan Persaudaraan Qari Qariah Hafizh Hafizhah Kab.Hss (IPQAH kab. Hss) mengikuti Pembukaan MTQ Suara Emas ke -4 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan secara virtual melalui aplikasi Zoom, yang bertempat di Aula Ramu Rakat Mufakat Setda Kabupaten HSS, Jumat (11/09).

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada hakikatnya adalah untuk mensyiarkan Al-Quran, di samping mencari yang terbaik untuk mewakili MTQ pada tingkat selanjutnya.

Ketua panitia pelaksana Albani Abbas menyampaikan, MTQ Suara Emas ke-4 Tingkat Prov. Kalsel ini memgusung tema” MTQ Suara Emas Qari-Qariah Hafiz-Hafizhah Bergema dan Bergerak Untuk Banua Maju”.

“Tujuannya adalah untuk membumikan dan mensyiarkan Al-Quran di banua Kalsel dan sebagai pembinaan menggali dan meningkatkan potensi Qari-Qariah Hafiz-Hafizhah di Kalsel,” ucap ketua panitia pelaksana.

Albani Abbas mengatakan acara ini di laksanakan di kab. Balangan melalui aplikasi media Zoom yang berpusat di kantor kementrian agama (Kemenag) Balangan dari tanggal 11 September-13 September 2020. Dimana kategori lomba ini dibagi menjadi 3 golongan. Yaitu golongan anak-anak trio, golongan, golongan remaja trio, dan golongan dewasa trio, beserta sari tilawah. Acara ini di ikuti oleh 10 kab/kota, dan jumlah anggota nya sebanyak 164 orang.

Acara ini di buka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalsel Adi Santoso, S. Sos, M. Si mewakili Gubernur Kalsel.

Gubernur Kalsel dalam sambutannya yang di bacakan oleh Asisten Administrasi Umum mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya acara ini,semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan tetap harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19.

” Semoga melalui kegiatan ini kita dapat mewujudkan generasi yang cerdas, terampil,memiliki kemampuan teknologi informasi, dan juga generasi yang berkarakter, berakhlak mulia, yang berlandaskan Al-Quran dan sunnah Rasul”, harap Gubernur.

Setelah resmi dibuka, acara ini dilanjutkan dengan penyerahan piala IPQAH dari pimpinan IOQAH Prov. Kalsel kepada Bupati Balangan, kemudian diserahkan kepada panitia pelaksana untuk di perebutkan dalam ajang ini.

Dalam wawancaranya, kabag Kesra H. Muhammad Thaha, S, Sos mengatakan Pemkab HSS sudah memfasilitasi kegiatan ini karena di laksanakan secara virtual, dan pemerintah memfasilitasi 2 tempat yaitu di Media Center dan Aula Ramu Setda.

“Kab. Hss ikut berpartisipasi mengikuti lomba ini dengan mengirim 14 orang, dan berharap semoga peserta yang sudah di siapkan sedemikian rupa dapat membawa nama baik kab. Hss dan mudah-mudahan bisa mendapatkan yang terbaik untuk kab. Hss,” ungkapnya.

Pembukaan ini di ikuti Asisten administrasi pembangunan dan kemasyarakatan Setda kab. Hss Drs. Sasmi Rifani, M. AP, kepala kemenag Kab. Hss Drs. H. Saribuddin M.Pd. I, ketua IPQAH kab. Hss, kepala kantor kemenag Prov. Kalsel, kepala LPTQ Prov. Kalsel, Dewan Hakim, pengurus wilayah IPQAH prov. Kalsel, pengurus IPQAH kab/kota, kepala kantor kemenag seluruh kab/kota, dan seluruh peserta MTQ. (Ari)

Check Also

Gereja Katolik ‘Bunda Maria Tanpa Noda’ Stasi Selimus Diresmikan

SEKADAU, suaraborneo.com – Mewakili Pejabat Sementara Bupati Sekadau, Sri Jamiadatin, Asisten 2 Bidang Administrasi Pembangunan …