Blusukan ke Pasar, Bacabup Herman-Ivo Akan Prioritas Benahi Pasar Teratai Bengkayang

 

BENGKAYANG, SB – Bakal calon bupati bengkayang Herman ivo Gencar melakukan Blusukan ke sejumlah tempat sebelum di tetapkan menjadi calon bupati pilkada bengkayang di kabupaten bengkayang (14/9) senin.

Dalam Satu hari blusukan ,herman ivo ,yang dengan tetap konsisten mengenakan Baju Adat dan songkok Peci Adat tradisi milik etnis Dayak.mampu mengunjungi tiga sampai empat tempat yang berbeda seperti pada tanggal 14 september 2020,senin pagi.

Sejumlah tempat yang menjadi sasaran kunjungannya pertama Yayasan badan pemadam kebakaran swasta (bpks) dan klenteng tua di jalan miggang kelurahan bumi emas ,kemudian tempat-tempat yang di anggap situs budaya seperti rumah adat ramin bantang di kelurahan sebalo termasuk Pasar teratai bengkayang.

Di pasar teratai bengkayang sekitar pukul 09.00 wib senin pagi , herman ivo berdialog langsung Bersama sejumlah pedagang yang hampir rata-rata mengeluhkan kondisi pasar yang tak memadai di jadikan mereka tempat berjualan beberapa tahun terakhir.

Saat berdialog Langsung dengan pedagang pasar teratai bengkayang diantaranya penjual ayam,penjual daging babi ,hampir semua keluhan pedaganag yang di sampaikan sama seperti yang di sampaikan pedagang ikan Buyung ,ia mengatakan selama beberapa Tahun terakhir menempati pasar penghasilan mereka turun.

“Harapan saya jika Pak ivo menjadi bupati bengkayang ,tolong lah kami pak supaya pasar teratai ini di perhatikan dan di benahi kondisi pasar seperti ini sudah lama begini ,lahan parkir tidak ada dan bahkan pedagang pasar teratai banyak berjualan di luar yang bukan tempat berjualan,’’ ungkap Buyung

Buyung mengaku penyebab banyak pedagang pasar teratai meninggalkan lapak berjualan alasan utama tata letak pasar yang kurang memadai sehingga pembeli pun sepi.

“Pak .ivo , penyebab pedagang di pasar teratai sepi karena banyak yang pindah di depan Gedung Pancasila tidak mampu di tertibkan , padahal depan Gedung Pancasila bukan tempat berjualan resmi dan pembeli lebih suka membeli dagangan di sana. Di bandingkan pasar teratai salah satu dampaknya ya penghasilan kami jauh menurun,” kata Buyung

Hal senada juga di sampaikan, ketua asosiasi pasar teratai Beni, menyampaikan pasar teratai bengkayang di bangun dua lantai namun tidak memberikan dampak penghasilan yang memadai bagi pedagang pasar.

“Ya pak ivo bisa lihat sendiri kondisi pasar teratai,hampir semua lapak pedagang kosong ,penyebabnya lahan parkir untuk pembeli tidak ada,lapak pedagang di lantai dua kosong karena konsumen menggeluh kondisi tangga untuk naik ke lantai atas rawan tergelincir apa lagi pembelinya ibu-ibu mereka takut,” ungkap Beni ketua asosiasi pasar

Mewakili semua pedagang di pasar teratai bengkayang,Benni berharap Siapapun yang memimpin bengkayang sebagai bupati termasuk pasangan bakal calon bupati ivo-pasti ,ia menaruh harapan bupati bengkayang berikutnya benahi pasar.

“Ya semoga jika pak Herman ivo jadi bupati kami minta tolong ini ada beberpa yang masih menjadi keluhan ,untuk naik ke lantai dua perlu penambahan tangga di samping pasar ,kemudian pembuangan air dari dalam pasar, lahan parkir dan tempat sampah harus tersedia terakhir penjual dari luar mohin di tertibkan ,karena selama ini masih di biarkan , ‘’ kata Benni

Menagnggapi keluhan ,pedagang pasar teratai bengkayang ,Herman ivo mengatakan pasar rakyat menjadi perhatian utama nya jika ia menjadi bupati bengkayang .

“Pasar yang berletak dalam kota yang harus menjadi perhatian utama harus memiliki pembuangan air atau pengendalian sampahnya baik,karena pasar inilah menjadi tempat aktifitas dan menjadi tempat masyrakat untuk membeli kebutuhan .seharusnya pasar teratai mendapat perhatian serius bukan hanya penataanya akan tetapi pengendalian penertibannya juga supaya para pedagang ini bisa memperoleh penghasilan yang sama , “ Ungkap Herman Ivo

Herman ivo berjanji ,jika ia di percaya rakyat menjadi bupati bengkayang maka penataan pasar akan menjadi program prioritas ia dan pasanganya Yohanes pasti membenahi dan memberi kesejahteraan kepada pedagang

“Penataan pasar yang baik ini akan kami prioritaskan juga pengendalian lingkungan ,jadi bukan hanya masalah ekonomi juga tapi penataan kota ,harus rapi,bersih sehingga tidak menjadi pasar yang semraut,’’ tutup Ivo. (Rb)

Check Also

HAMKA Dukung “PANAH” Pilkada Melawi 2020

MELAWI, SuaraBorneo.com – H. Amri Kalam menentukan sikapnya mendukung pasangan PANAH, dengan membentuk tim kerja …