Bupati Kapuas Bantu Korban Banjir Di Tiga Desa

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi sekarang ini, membuat sungai Kapuas meluap dan menyebabkan bencana banjir yang melanda tiga desa diantaranya Desa Sei Pinang, Desa Jakatan Masaha dan Desa Tanjung Rendan.

Melihat warganya yang terkena dampak bencana banjir, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas langsung bergerak cepat dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengharapkan bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir seraya menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada didaerah atas, agar selalu waspada dan sabar dalam menghadapi situasi yang terjadi sekarang ini.

“Saya merasa prihatin atas musibah banjir yang menimpa warga ditiga desa ini, semoga sabar dan harus tetap semangat serta tabah dan yang terpenting keselamatan nyawa masyarakat, tetap jaga kesehatan dan sekali lagi saya meminta untuk tetap semangat,”ungkap Ben Brahim.

Sementara itu, Kepala BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga saat ditemui Selasa (15/9/2020) menjelaskan kondisi didaerah Kecamatan Mandau Talawang, khususnya di tiga desa yang dilanda banjir disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan meluapnya sungai kapuas. Diungkapkan jumlah Kepala Keluarga yang terendam rumahnya sebanyak 557 Kepala Keluarga (KK).

Ditambahkannya, untuk bantuan yang disalurkan diantaranya beras, mie instan, gula, kopi, teh, susu dan sembako lainnya yang kemudian akan diangkut ke Sungai Hanyu dan selanjutnya Tim disana akan melakukan jemput bola untuk disalurkan kepada warga yang terdampak.

“Untuk beras sendiri, kita menyalurkan hampir 6 ton dengan masing-masing Kepala Keluarga mendapatkan 10 kilogram beras,”ucap Kepala BPBD itu.

Adapun desa yang terdampak diantaranya Desa Sei Pinang sebanyak 350 KK, Desa Jakatan Masaha sebanyak 117 KK dan Desa Tanjung Rendan sebanyak 90 KK. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Rakernas SMSI 2020, Ini Poin-Poin Kesepakatan

CILEGON, SuaraBorneo – Rapat kerja nasional (Rakernas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang digelar 26-27 …