Kemendikbud Suport Dana Hibah Inovasi Pembelajaran Daring Fisipol UM Palangka Raya

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus memberikan dorongan kepada Universitas Muhammadiyah (UM) Palangka Raya. Di antaranya dengan memberikan dana hibah bagi UM Palangka Raya dalam upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan.

Salah satu fakultas yang menerima dana hibah dari Kemendikbud itu adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UM Palangka Raya.

Dekan Fisipol Dr HM Yusuf MAP melalui Kepala Program Studi (Kaprodi) Administrasi Negara Irwani SSos MAP, Selasa (15/9/2020), mengatakan, Fisipol menerima tiga program dana hibah untuk mengembangkan inovasi-inovasi layanan pendidikannya terhadap mahasiswa.

 

“Ketiga program dana hibah itu, dua dialokasikan untuk pengembangan modul pembelajaran dalam jaringan (daring), satu untuk pengembangan inovasi pembelajaran digital,”sebut kandidat doktor tersebut.

Irwani yang berbicara didampingi Kaprodi Megister Administrasi Publik (MAP) Novianto Eko Wibowo SSos MAP, Kaprodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) H Junaidi MIKom, dan Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) UM Palangka Raya F Zaky Yopie SSos MSi, menjelaskan, kepercayaan Kemendikbud memberikan dana hibah ini diawali dari upaya internal Fisipol UM Palangka Raya. Yakni, dalam mengembangkan konsep-konsep pembelajaran secara online kepada mahasiswa.

“Kita membuat sejumlah terobosan dan ujicoba untuk menyusun konsep pembelajaran daring yang efektif,”ujarnya.

Inovasi-inovasi tersebut beserta pencapaiannya kemudian disusun sebagai proposal dan diajukan ke Kemendikbud yang membuka program dana hibah bagi perguruan tinggi se-Indonesia.

Kemendikbud sebelumnya telah menetapkan syarat mendasar perguruan tinggi calon penerima dana hibah ini adalah memiliki program studi (Prodi) dengan akreditasi A.

Syarat utama tersebut telah dipenuhi Fisipol UM Palangka Raya yang memiliki dua prodi berakreditasi A, yakni Administrasi Negara dan terbaru diperoleh MAP.

“Alhamdulillah setelah melewati seleksi, proposal yang kita ajukan dinyatakan lolos sehingga disetujui untuk menerima dana hibah dari kementerian ini,”terangnya.

Irwani menambahkan, suport Kemendikbud dalam bentuk kepercayaan memberikan dana hibah ini merupakan prestasi yang membanggakan. Sebab, di Kalimantan, UM Palangka Raya menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang terpilih sebagai kampus penerima. (ujang/ery-SB).

Check Also

Rakernas SMSI 2020, Ini Poin-Poin Kesepakatan

CILEGON, SuaraBorneo – Rapat kerja nasional (Rakernas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang digelar 26-27 …