377 Titik Hotspot, BPBD Sebut Kecil Kemungkinan Karhutla Karena Berladang

SANGGAU, SB – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Siron mengungkapkan titik hotspot yang terdapat di kabupaten Sanggau 31 Agustus 2020 tercatat 3.622 titik. Namun, jumlah tersebut sempat kembali stabil karena hujan yang turun.

“Beberapa hari hujan turun dan sampai hari ini 3 hari tidak turun hujan. Data hingga hari ini sudah 377 titik hospot kalau kita lihat masih ada masyarakat yang sedang bakar ladang. Mudah-mudahan hari ini puncaknya,” kata Siron kepada wartawan, Minggu (20/9).

Disinggung mengenai pencegahan kebakaran hutan dan lahan (kahutla), kata Siron, kalau masyarakat sudah memahami dan mengindahkan apa yang sudah diamanatkan dalam peraturan Gubenur Kalimantan Barat nomor 103 Tahun 2020 tentang pembukaan areal lahan pertanian berbasis kearifan lokal dan peraturan Bupati Sanggau nomor 39 tahun 2020 tentang tatacara pembakaran lahan pertanian terbatas dan terkendali berbasis kearipan lokal, Ia yakin karhutla kecil kemungkinan terjadi terkecuali, musim kemarau panjang, karena sedikit kena gesekan hutan dan lahan bisa terbakar.
“Tetapi kalau diakibatkan dari areal masyarakat membakar ladang sangat kecil kemungkinannya karena mereka sudah patuh dengan aturan,” ujar Siron.

Untuk mencegah terjadinya Karhutla, lanjut Siron, BPBD sudah memiliki kelompok peduli api yang tersebar di setiap kecamatan.
“Paling tidak, jika ada kejadian kebakaran hutan mereka pasti menghubungi TRC BPBD, Manggala Agni, Perkebunan dan TNI/Polri,” pungkasnya.

Siron menambahkan, setiap warga yang hendak membakar lahan, mereka harus melapor keaparat desa.
“Dan tradisi mereka sebelum membakar sudah ada. Misalnya membuat sekat-sekat. Jadi masyarakat kita sudah tahu betul caranya membuka lahan pertanian mereka dengan cara membakar, tentunya dengan cara yang aman pula. Artinya apinya tidak menjalar kemana-mana. Intinya, masyarakat, khususnya masyarakat adat juga tidak mau hutannya terbakar,” imbuhnya. (Bry)

Check Also

Pilkada Kalteng, DPC Perjuangan Kapuas Gelar Rakercabsus

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, …