Dinas Transmigrasi Kapuas Dukung Tenaga Lokal Berperan Dalam Food Estate

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dalam Program Food Estate, Kabupaten Kapuas ditunjuk menjadi salah satu lokasi yaitu tepatnya di Desa Lamunti dan Dadahup yang akan menjadi lahan ketahanan pangan Nasional maka Dinas Transmigrasi akan terus mendukung penuh program Food Estate.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas Deni Harsono saat di temui diruang kerjanya, Jumat (18/09/2020) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Deni Harsono mengungkapkan bahwa salah satu lokasi yang telah mulai beraktifitas berada di Desa Dadahup A1 dan A2, yang sudah melakukan kegiatan untuk masa panen dan untuk selanjutnya akan dilakukan penanaman kembali.

“Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas bersama dengan Pemerintah Pusat akan melakukan penanaman kembali dengan luas sekitar 187 hektar di Desa Bentuk Jaya di kawasan A2,” tutur Deni.

Lebih lanjut, di tempat tersebut juga dilakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat dikarenakan adanya penggilingan padi atau beras yang perlu bahan baku untuk produksi dari pada penggilingan padi tersebut.

Ditambahkan Deni juga bahwa, di Kabupaten Kapuas khusus nya di lokasi memang masih kekurangan tenaga kerja yang di dapat dari hasil tim survei kabupaten maupun pusat , dimana petani potensial masih dalam angka 20 persen.

Berkenan hal itu diharapkan agar petani lokal serta modern dapat berpartisipasi aktif dalam proyek Food Estate, dikarenakan kedepannya pertanian tersebut mengunakan mekanisasi atau alat-alat canggih sehingga memerlukan orang atau tenaga-tenaga milenial yang menguasai teknologi-teknologi canggih tersebut.

Dirinya berharap dengan adanya program Food estate yang akan dimulai pada tahun 2021 dan seterusnya, pemberdayaan masyarakat lokal yang di berdayakan.

“Masih banyak pemuda-pemuda lokal yang mungkin masih belum bekerja dan nantinya akan kami lakukan pelatihan-pelatihan tentang pertanian dari Dinas Transmigrasi yang juga bekerja sama dengan Balai Latihan Keterampilan (BLK) Banjarmasin agar para petani semakin terampil ,itu yang menjadi harapan kita bersama,”pungkas Deni. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Kemdikbud RI Membuka Program Guru Penggerak Angkatan 2

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membukan Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 2. …