450 Prajurit Satgas Pamtas Yonif 642/KPS Diberangkatkan Pangkoopsdam XII/TPR ke Sektor Barat Kalbar

SINTANG, SB – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad selaku Pangkoopsdam XII/TPR memimpin upacara pemberangkatan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Batalyon Infanteri 642/Kapuas yang akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di sektor barat Kalimantan Barat. Upacara dilaksanakan di lapangan apel batalyon 642/Kps. Sebanyak 450 Orang Prajurit nantinya akan menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Kalbar selama kurang lebih 9 bulan kedepan dimana Letnan Kolonel Inf Alim Mustofa ditunjuk sebagai Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam amanatnya menyampaikan, pelaksanaan Operasi Pamtas RI – Malaysia sesuai dengan Undang – Undang Nomor 34 tahun 2004, pasal 7 ayat 2 tentang Tentara Nasional Indonesia yaitu, Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya adalah, turut serta mengamankan wilayah perbatasan.

Selanjutnya Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, di sepanjang perbatasan wilayah darat RI-Malaysia banyak berbagai kerawanan yang timbul, seperti perubahan pada patok-patok batas wilayah, illegal trafficking, illegal logging, peredaran Narkoba antar negara dan penyelundupan barang-barang illegal serta masih banyak lagi permasalahan lain yang menjadi fenomena kejahatan Lintas Negara.

Oleh karena itu, Satgas Pamtas Yonif 642/KPS, untuk selalu berkoordinasi dengan aparat atau instansi terkait yang ada di perbatasan. Meningkatkan patroli-patroli keamanan maupun pemeriksaan patok batas serta pembinaan terhadap masyarakat agar budaya gotong – royong, kesadaran berbangsa dan bernegara meningkat.

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan Berbuatlah yang terbaik bagi masyarakat, hormati adat istiadat dan kearifan lokal yang berlaku di daerah penugasan dalam setiap pelaksanaan kegiatan, sehingga berbagai pelanggaran dapat dicegah serta kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat tercapai,” tegas Pangkoopsdam XII/Tpr.

“Tetap menjaga keamanan personel maupun materiil, mempedomani Protap Pengamanan Perbatasan serta melakukan serah terima pos dengan baik dan maksimal, sehingga dalam pelaksanaan tugas nantinya tidak mengalami kendala yang berarti, Hindari pelanggaran sekecil apapun di medan tugas dan tetap menjaga protokol kesehatan dari Covid-19 dalam setiap melaksanakan tugas di perbatasan”. tegas Pangkoopsdam XII/Tpr. (Bry)

Check Also

PDI Perjuangan Optimis Menangkan Sugianto-Edy

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyatakan, optimis memenangkan pasangan Sugianto-Edy dalam kontestasi …