Pemkab Bengkayang Bangun Puskesmas Afirmasi Baru di Jalur Sutra

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com –  Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana kabupaten Bengkayang, Agustinus C memantau dimulainya pembangunan Puskesmas Teriak, yang terletak di jalur sutra, di desa Sebentek, Kecamatan Teriak Kabupaten Bengkayang.

Pembangunan Puskesmas di kabupaten Bengkayang sebenarnya mendapatkan dua pembangunan yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat melalui Kemenkes RI, yaitu puskesmas Lembah Bawang dan Teriak. Hanya sangat disayangkan puskesmas Lembah Bawang mengalami kegagalan saat proses tender.

“Puskemas Lembah Bawang gagal. Untuk Puskesmas Teriak dalam proses pengerjaan, dan besok sudah mulai pasang pondasi,” jelas Agustinus C saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (22/9).

Dijelaskan Agustinus, pembangunan akan diselesai tepat waktu seperti target yang sudah ditentukan, dan rencana akan mulai beroperasi pada tahun depan.

“Pengerjaan masih butuh 70 hari kalender, pihak pelaksana juga harus mengerjakan dengan benar-benar, dan manajemen yang baik. Sehingga puskesmas Teriak ini selesai sesuai dengan kontrak, dan tepat waktu,” ujarnya.

Plt. Kadinkes menjelaskan, letak lokasi pembangunan Puskesmas yang baru di Teriak ini berada di jalur sutra. Dengan maksud lebih memudahkan masyarakat, dan jangkauan pelayanan juga lebih luas karena berada tempat yang mudah di akses.

“Memang ada beberapa keinginan masyarakat bahwa puskesmas yang baru ini dibangun bagian dalam kecamatan Teriak seperti puskesmas yang ada sekarang. Tetapi kita berpikir jangka panjang kita bangun di pinggir jalan, dengan maksud untuk pemerataan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Mungkin juga untuk masyarakat diluar itu karena telaknya pinggir jalan,” ujar Agustinus.

Pembangunan Puskesmas Teriak jalur sutra ini berasal dari DAK Afirmasi dengan konsep bangunan dua lantai, dan pelayanan kesehatan rawat inap. Ketika nanti ada warga yang berasal dari kecamatan Teriak membutuhkan perawatan bisa dirawat inapkan.

Kemudian dari Kemenkes memberikan kebijakan bahwa puskesmas afirmasi ini kedepannya apabila Covid-19 belum berakhir akan siap untuk melayani.

“Ini bentuk pemikiran dan antisipasi hal tersebut jika masih ada. Kita berharap dengan adanya pembangunan Puskesmas Teriak ini, nantinya dapat berfungsi dengan baik, dan dapat memberikan cakupan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat,” harapnya.

Agustinus juga meminta agar masyarakat terkhusus yang berada di kecamatan Teriak untuk menjaga bersama pembangunan tersebut, sehingga pelayanan di kecamatan lebih mudah didapatkan.

“Karena kita melihat selama inipun masyarakat tidak hanya di kecamatan Teriak yang secara kapitasi lebih banyak ke puskesmas Bengkayang, karena puskesmas yang berada di Teriak aksesnya lumayan kedalam,” tambahnya.

Agustinus berharap dengan adanya pembangunan Puskesmas yang baru tersebut masyarakat bisa menggunakan fasilitas kesehatan yang ada dengan baik, sehingga peningkatan kapitalis menjadi lebih baik, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat pun semua tercapai. (Sr).

Check Also

Pastor Paroki Petrus Dan Paulus Sekadau, Ajak Masyarakat Kabupaten Sekadau Jaga Kesehatan Bersama

SEKADAU, suaraborneo.com – Pastor paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau keuskupan Sanggau, Kristianus CP menghimbau …