Ben-Ujang : SDA Kalteng Dipertahankan Jangan Dikuras Habis

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Isu kerusakan lingkungan di wilayah Kalimantan Tengah kini menjadi topik hangat di nasional. Salah satunya kerusakan rimba Kinipan itu.

Laju deforestasi Kalteng kian tahun semakin meningkat akibat ekspansi sawit sehingga berdampak kepada kerusakan ekosistem lingkungan bahkan faktanya kini di sejumlah kabupaten di Kalteng mengalami bencana banjir.

Kearifan lokal masyarakat Dayak hilang, padahal mereka sejak turun temurun sumber kehidupannya bergantung hidup dengan alam dan hutan.

Karena itulah, isu kerusakan lingkungan di wilayah Kalteng menjadi perhatian serius pasangan Ben-Ujang. Pasalnya diakui rimba wilayah Kalteng banyak yang rusak hingga tak ada tempat bagi flora dan fauna.

“Untuk itu, Sumber Daya Alam (SDA) harus kita pertahankan bersama. Jangan dikuras habis, tujuannya demi masa depan anak cucu kita,”tegas pasangan Ben-Ujang kala menggelar acara syukuran usai penetapan oleh KPU Rabu (23/9/2020).

Dikemukakan, SDA adalah sumber kekuatan dan modal bagi daerah. Kendati begitu kalaupun dengan alasan pembangunan tentu harus memperhatikan semua aspek.

“Hal ini dalam rangka menjaga keseimbangan lingkungan terkait konsep pembangunan berkelanjutan.

Selain, demi keberlangsungan ekosistem dan kehidupan masyarakat juga menjaga agar lingkungan tetap lestari,” pungkasnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

Pilkada Kalteng, DPC Perjuangan Kapuas Gelar Rakercabsus

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, …