DPUPRPKP Tingkatkan Sarana Air Bersih Melalui Program Pamsimas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Kapuas, menggelar sosialisasi Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Sosialisasi dibuka, Plt Sekda Kapuas, Drs Septedy yang dihadiri PUPR Provinsi Kalteng sejumlah OPD lingkup Pemkab Kapuas camat dan fasilitator desa di Aula DPUPRPKP Jalan Tambun Bungai Kapuas Kamis (24/9/2020).

Plt Kadis PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Teras ST mengatakan, tujuan sosialisasi program Pamsimas III bertujuan meningkatkan sarana air bersih khususnya di wilayah pedesaan.

“Ini untuk tahun 2021. Karena itu mulai sekarang sudah kita persiapkan sehingga nantinya sudah bisa terealisasi,”katanya kepada sejumlah wartawan.

Kemudian, lanjut Teras, program Pamsimas ini ada peran serta desa dan masyarakat. “Dimana desa mengalokasikan 10 persen dari APBDes lalu 20 dari masyarakat,”terangnya seraya berharap dapat terealisasi.

Kabid Cipta Karya Jonnie ST menambahkan, program Pamsimas meningkatkan akses sarana air bersih di wilayah pedesaan.

“Dengan begitu ketersediaan air bersih bagi masyarakat semakin baik. Lebih dari seperti program pemerintah adalah mengatasi persoalan stunting,”ujarnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

2020, Penurunan Stunting di Kapuas Meningkat Signifikan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Penurunan angka stunting di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) meningkat signifikan …