Perguruan Singa Jambung Pukulan Tinjek Gelar Ritual Batamat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perguruan Singa Jambung (PSJ) Pukulan Tinjek menggelar pengukuhan atau ritual betamat bagi para murid Singa Jambung Pukulan Tinjek bertempat di Jalan Pemuda Km, 5 Gang Hampatung No. 34 Kelurahan Selat Utara Kamis (24/9/2020) pagi.

Turut hadir Ketua Pusat PSJ Pukulan Tinjek Kalimantan Tengah Dediansyah, M.Pd beserta jajaran, Ketua PSJ Kabupaten Kapuas Tomi H Dale, Kepala OPD Kabupaten Kapuas, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Yohanes, Asisten I Setda Kapuas Ilham Anwar, Asisten II Setda Kapuas Salman, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Kegiatan tersebut, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta tari-tarian dari Sanggar Tinggang Menteng Pananjung Tarung dan dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina PSJ Pukulan Tinjek Ir. Thosibae Limin dimana dalam kesempatan tersebut mengucapkan rasa terima kasih atas kedatangan para hadirin dalam rangka menghadiri undangan acara ritual batamat serta proses penyelesaian kemuridan yang telah dilakukan selama ini.

Tak lupa ia juga berterima kasih kepada pihak Kepolisian dan juga kepada Satgas Covid-19 yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan kegiatan tersebut sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Ketua Pusat PSJ Pukulan Tinjek Kalimantan Tengah Dediansyah yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan tujuan utama dari Perguruan ini adalah untuk melestarikan Silat Tradisional Dayak Kalimantan Tengah dikarenakan makin tenggelamnya Silat Kuntau Dayak di era saat ini, ia juga berharap kepada Pemerintah supaya dapat mendukung dan membantu Pelestarian Budaya khususnya di Kalimantan Tengah ini.

“Kami berharap Pemerintah dapat mendukung akan kelancaran dari Perguruan ini serta kami titipkan agar tetap menjaga kelestarian Budaya Dayak kita ini,”ucap Dediansyah.

Sementara itu, dari Asisten II Setda Kabupaten Kapuas Salman mengungkapkan menyambut baik keberadaan dari Perguruan PSJ Pukulan Tinjek dan berharap dengan adanya perguruan ini membawa Kabupaten Kapuas menjadi lebih nyaman dan aman.

“Saya berharap Perguruan ini berkembang dan bisa mengangkat nama Kabupaten Kapuas ditingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional dan juga dengan adanya Perguruan ini dapat membantu Pemerintah Daerah dalam hal keamanan daerah serta meyakini Perguruan ini dapat berkembang di Kabupaten Kapuas,”tegasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan SK oleh Sekretaris Umum serta penyerahan bendera PSJ Pukulan Tinjek untuk dikibarkan dan dilanjutkan dengan penampilan atraksi Seni Bela Diri Perguruan Singa Jambung Pukulan Tinjek. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Bupati Sanggau Ajak Masyarakat Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

SANGGAU, SB – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, tidak bosan bosannya menghimbau kepada masyarakat agar tetap …