Polsek Kayan Hilir Sosialisasi Dampak Negatif PETI

SINTANG, suaraborneo.com – Polsek Kecamatan Kayan Hilir Memberikan Himbauan Terkait Dengan Kegiatan Pertambangan Emas Tampa Izin (PETI) di Dusun Tapang Urek dan Dusun Sungai Pengga Desa Sungai Pengga Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang, Kegiatan dilaksanakan di Kantor Polsek Kayan Hilir, Selasa (29/9/2020).

Adapun Pekerjaan dan Pemilik Lahan, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat Desa Sungai Pengga. Kapolsek Kayan Hilir IPTU Sudayat telah memberikan imbauan serta menjelaskan kepada mereka yang hadir di Mapolsek agar tidak lagi melakukan aktivitas Pertambangan Emas Tampa Izin(PETI) atau Dompeng di wilayah Dusun Sungai Pengga dan Dusun Tapang Urek Desa Sungai Pengga Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang.

“Khususnya dan di wilayah Kayan Hilir pada umumnya, serta menjelaskan bahwa ada ketentuan hukum yang sudah diatur yaitu Undang-undang RI Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral, dan Batubara”terangnya.

“Apalagi yang dilakukan oleh masyarakat atau Pekerja PETI tersebut sangat berdampak buruk bagi lingkungan yaitu pencemaran bahkan bisa menjadi bahaya terhadap nyawa bagi pekerja itu sendiri”lanjutnya.

Kemudian dari masing-masing pihak setelah diberi imbauan dan penjelasan terkait Pertambangan Emas Tampa Izin (PETI), Mereka bisa menerima dan memahami apa yang sudah dijelaskan dan mereka berjanji untuk berhenti melakukan aktivitas tersebut dan bersedia membuat pernyataan untuk tidak lagi melakukan aktivitas PETI/Dompeng.

Kapolsek Kayan Hilir IPTU Sudayat, saat dikonfirmasi mengatakan berkomitmen untuk memberantas PETI dan tidak kompromi dengan setiap Pelanggaran tindak pidana,Setelah dihimbau dan dibuat pernyataan jika masih melakukan lagi akan ditindak, serta mohon dukungan dan kerjasama dari masyarakat untuk memberantas PETI khususnya di Desa Sungai Pengga dan umumnya di wilayah Kecamatan Kayan Hilir”pungkas Kapolsek.

Himbauan dilakukan Kepada Para pekerja, Pemilik Lahan, Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat Yang Hadir di Mapolsek Kayan Hilir. (red/ps)

Check Also

DK PWI : Wartawan Harus Jaga Jarak Dalam Konstestasi Pilkada

JAKARTA, SuaraBorneo – Dewan Kehormatan PWI Pusat kembali mengingatkan, pentingnya media dan wartawan menjaga jarak …