Pelatihan Layanan Informasi Berjalan Lancar

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pelatihan Teknis Pengelola Aplikasi Layanan Informasi, Pengaduan dan Kehumasan di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas memasuki hari kedua berjalan lancar dengan mengikuti protokol Kesehatan yang telah ditentukan.

Adapun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengikuti pelatihan pada Selasa (29/9/2020) pagi di studio mini Diskominfo Kabupaten Kapuas tersebut yaitu operator dari Dinas Kesehatan, Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan pelatihan mengenai pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) serta fungsi kehumasan Sistem Informasi Berita Terintegrasi (SIBER).

Terkait dengan pelatihan PPID, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas Dr. H. Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes menerangkan bahwa PPID merupakan pejabat yang bertugas dan bertanggung jawab melakukan pengelolaan dan pelayanan infomasi yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasianpenyediaan dan/ atau pelayanan infomasi publik. Fungsi PPID itu sendiri yaitu penghimpunan, penataan dan penyimpanan informasi publik dari seluruh unit kerja di badan publik.

“Dalam hal ini Kominfo sebagai Pembina Utama PPID, kemudian diperbantukan oleh Sekretaris pada OPD yang merupakan PPID Pembantu untuk mengelola pelayanan publik. Untuk itu, Saya berharap PPID Pembantu harus dikuatkan, karena apabila ada permintaan data dari berbagai pihak yang meminta informasi, maka PPID Pembantu yang berada di masing-masing OPD bisa berkoordinasi,”terangnya.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dan praktek langsung pengelolaan dokumen melalui website PPID.Kapuaskab.go.id yang dijelaskan oleh Kepala Seksi Pengelola Komunikasi Publik Gusti Mahfuz,S.Kom, MA kepada peserta yang mengikuti pelatihan.

Sementara itu, direncanakan kegiatan pelatihan tersebut berjalan selama satu minggu pada jam kerja dan nantinya akan berakhir pada hari selasa depan dengan mengundang seluruh OPD se Kabupaten Kapuas secara bergantian disetiap harinya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Pastor Paroki Petrus Dan Paulus Sekadau, Ajak Masyarakat Kabupaten Sekadau Jaga Kesehatan Bersama

SEKADAU, suaraborneo.com – Pastor paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau keuskupan Sanggau, Kristianus CP menghimbau …