Wabup Kapuas Minta Warga Patuhi Perbup 46 Tahun 2020

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas untuk mentaati Peraturan Bupati (Perbup) Kapuas Nomor 46 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, Rabu (30/9/2020).

Hal tersebut dimaksudkan agar penyebaran virus Covid-19 dapat diminimalisir, mengingat di wilayah Kabupaten Kapuas sendiri masih dalam masa pandemi yang belum berhenti hingga saat ini.

Dijelaskan Nafiah, dalam Perbup ini terdapat beberapa subjek pengaturan yaitu perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, penanggung jawab fasilitas seperti perkantoran, sekolah, area publik dan lain-lain.

“Untuk perorangan, wajib melaksanakan protokol 4 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Sedangkan bagi pelaku usaha dan pengelola fasilitas umum wajib menyiapkan sarana dan prasarana 4 M tersebut, baik untuk pengunjung maupun karyawan,”terang Nafiah.

Kemudian, ditegaskan terdapat sanksi bagi yang melanggar Perbup ini seperti untuk masyarakat akan diberikan sanksi berupa kerja sosial atau denda sebesar Rp150 ribu dan bagi sarana atau fasilitas umum seperti sekolah, perkantoran dan lain-lain akan diberi sanksi berupa teguran tertulis hingga denda paling besar sebanyak Rp 5 juta.

Untuk itu, dirinya mengharapkan kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi semua protokol kesehatan yang telah diberlakukan hingga sekarang, dengan tetap selalu berdoa agar pandemi ini dapat segera berakhir.

“Saya meminta kepada masyarakat untuk memaklumi apa yang menjadi peraturan Pemerintah baik itu Kabupaten/Kota maupun pusat, semua ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kapuas, khususnya Kalimantan Tengah,”pungkas Nafiah. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

PAS Kampanye Di Setawar, Warga Dambakan Listrik PLN

SEKADAU, suaraborneo.com –  Warga Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu menyampaikan aspirasi kepada Pasangan Aron – …