Operasi Gakkum Perbup 47 Dimulai, Bupati Sanggau: Lakukan dengan Santun Tapi Tegas

SANGGAU, SB – Komite Penanganan Covid19 Kabupaten Sanggau menggelar apel gelar Operasi Penegakan Hukum (Gakkum) Peraturan Bupati Nomor 47 Tahun 2020 di halaman Kantor Bupati Sanggau, Kamis (1/10/2020) pagi.

Bupati Sanggau Paolus Hadi dalam amanatnya menyampaikan operasi ini untuk membantu dan mendukung program pemerintah dalam mengatasi penularan Covid19 yang merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 serta kebijakan World Health Organization (WHO) mengenai tes usap (swab) bagi masyarakat.

“Pasti ada pro kontra dari masyarakat, banyak alasan ketika kita mau menegakkan (peraturan), tapi tim ini harus kompak. Lakukan (penegakan hukum) dengan santun tapi tetap tegas. Dalam perjalanan tugas, kadang kita emosi tapi saya minta tetap bersabar hati,” pesan Bupati kepada Tim Gakkum Perbup Sanggau Nomor 47 Tahun 2020.

Tugas utama tim tersebut, menurut Bupati, yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid19 dalam situasi apapun. Terlebih saat ini, dikatakan Bupati, kembali ditemukan kasus baru Covid19 di Kabupaten Sanggau.

“Hari ini sudah ada satu yang dirawat di rumah sakit, yang tanpa gejala ada empat orang. Ini harus kita jelaskan kepada masyarakat, karena kesehatan itu mahal. Apabila kita safety, masyarakat juga safety, mudah-mudahan virus ini bisa kita bendung,” ujarnya.

Sementara itu, Operasi Penegakan Hukum Peraturan Bupati Nomor 47 Tahun 2020 digelar hingga sembilan puluh hari kedepan. Setelah itu, Komite Penanganan Covid19 Kabupaten Sanggau akan mengevaluasi hasil operasi. Bila masyarakat maupun penyelenggara usaha masih abai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid19, operasi ini akan dilanjutkan. (Bry)

Check Also

Kemdikbud RI Membuka Program Guru Penggerak Angkatan 2

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membukan Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 2. …