Pemkab Implementasikan Aplikasi SIPD

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2021 dan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sebagaimana di amanatkan pada Pemendragi nomor 70 Tahun anggaran 2021, setiap Kabupaten/Kota mulai dari perencanaan dan penganggaran diwajibkan menggunakan aplikasi tersebut unutk entry data. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (01/10/2020) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh perwakilan dari Dinas terkait yang ada di Kabupaten Kapuas untuk mengikuti pelatihan.

Pada agenda pertama perihal penjelasan umum dihadiri hanya satu orang perwakilan dari setiap instansi dan untuk selanjutnya dalam agenda kedua dilanjutkan bersama operator untuk melakukan entry data SIPD.

Pihak penyelenggara juga tidak lupa mewajibkan setiap peserta untuk mematuhi protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak satu dengan yang lainya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas, Ahmad M Saribi saat di temui di ruang kerjanya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan karena adanya perubahan yang signifikan terhadap penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Derah (APBD) di Tahun 2021 yang tidak lagi menggunakan Peraturan Menteri Dalam Negri (Permendagri) Nomor 13.

Kemudian digantikan dengan adanya Permendagri Nomor 70 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah dan Permendagri Nomor 90 yaitu menyangkut teknis, bahwa penganggaran di 2021 sudah berbeda dengan Tahun 2020.

“Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bisa memahami kebijakan Nasional ini dan seluruh OPD harus semangat dalam menyesuaikan kewenangan-kewenangannya sesuai dengan tupoksi masing-masing,”pungkas Saribi. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

PAS Kampanye Di Setawar, Warga Dambakan Listrik PLN

SEKADAU, suaraborneo.com –  Warga Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu menyampaikan aspirasi kepada Pasangan Aron – …