DPRD Kapuas Dukung Pembentukan UPTD PPA

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – DPRD Kapuas mendukung penuh pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak (UPTD PPA).

Demikian disampaikan anggota DPRD Kapuas H Baihaqi Ketua Komisi IV DPRD Kapuas usai RDP dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3A-KB) Kabupaten Kapuas di ruang rapat gabungan DPRD Kapuas Senin (5/10/2020).

“Kami apresiasi dan mendukung penuh usulan pembentukan UPTD itu. Sebab saat ini di Kapuas banyak kasus kekerasan terhadapa perempuan dan anak,”kata legislator PKB ini.

Kabid Perlindungan Dan Tumbuh Kembang Anak DP3A-KB Karolina Kamala didampingi dua Kasi menyampaikan pembentukan UPTD PPA untuk tahun 2021.

“Saat ini kami telah usulkan dan menyampaikan terima kasih kepada pihak dewan yang mendukung program ini,”ujarnya.

Dikemukakan berdasar data kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah Kabupaten Kapuas meningkat. “Periode 2015-2019 terjadi peningkatan signifikan meski 2020 ada menurun,”imbuhnya.

Oleh karena itulah lanjutnya dengan adanya pembentukan UPTD PPA di 17 Kecamatan nantinya akan mempercepat melakukan penanganan tethadap korban tindak kekerasan perempuan dan anak.

“Kami juga bekerja sama dengan OPD terkait lingkup Pemkab Kapuas. Sementara sejauh ini telah melakukan persiapan serta sosialisasi untuk itu. Regulasi pembentukan UPTD PPA ini mengacu Undang-Undamg Permendagri,”tutupnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

Pilkada Kalteng, DPC Perjuangan Kapuas Gelar Rakercabsus

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, …