Sebanyak 39 Lulusan Akper Pemkab Kapuas Diwisuda

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka Wisuda, Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Ahli Madya Keperawatan Angkatan XVII Tahun 2020, yang mana dihadiri oleh Plt. Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Selasa (6/10/2020) pagi di Aula Kantor Bupati Kapuas.

Adapun prosesi wisuda tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19, dilakukan dengan mengikuti anjuran Pemerintah yaitu 4M seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, para wisuda dan tamu undangan diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Kemudian, Tampak mengikuti prosesi wisuda, Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Provinsi Kalimantan Tengah H Riduan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi, Plt. Direktur Akper Pemkab Kapuas Santoso, KA Prodi Akper Pemkab Kapuas H Junaidi beserta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, usai melakukan pemindahan tali toga Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy yang membacakan sambutan Plt. Bupati Kapuas menyampaikan ucapan selamat kepada 39 Ahli Madya Keperawatan Baru yang nantinya akan mengabdi kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan.

“Tenaga perawat sebagai salah satu tenaga kesehatan memegang peranan sangat penting dalam mencapai tujuan mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, salah satu tantangan sebagai tenaga kesehatan yaitu selalu berada di garda terdepan dalam melayanan kesehatan apalagi selama masa pendemi Covid-19 ini,”ucap Septedy.

Kemudian, dirinya juga mengungkapkan apresiasinya atas dedikasi yang tinggi dan sikap profesional direktur, seluruh dosen dan segenap civitas akademika akper pemkab kapuas, para lulusan tidak hanya kompeten dan profesional dalam bidang keperawatan, tetapi juga mengabdikan diri dengan selalu mengedepankan prinsip kerja cerdas, ikhlas, berkualitas dan tuntas. Ia mengingatkan kepada para wisudawan dan wisudawati bahwa keberhasilan akan sangat tergantung dari kemauan, ketekunan dan kerja keras dalam meniti karir.

Sementara itu, Plt. Direktur Akper Pemkab Kapuas Santoso dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang dalam hal ini Bupati Kapuas yang telah mendukung penyelenggaraan pendidikan di Akper Pemkab Kapuas. Kemudian juga sejumlah pihak yang mendukung penuh semua kegiatan Akper Pemkab Kapuas sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah mendukung penuh perencanaan, penyelenggaraan pendidikan, menyediakan lahan praktek dan melancarkan kegiatan pendidikan untuk Akper Pemkab Kapuas,”ungkap Santoso.

Lebih lanjut, Santoso menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini Akper Pemkab Kapuas telah meluluskan tenaga kesehatan sebanyak 1225 orang dan pada wisuda dan pelantikan angkatan XVII Tahun 2020 ini merupakan angkatan terakhir dan mewisuda sebanyak 39 orang dengan rincian 18 orang laki-laki dan 21 orang perempuan.

Kemudian, dirinya menerangkan bahwa proses pembelajaran dari mahasiswa yang saat ini diwisuda mengacu pada kurikulum nasional D.III keperawatan tahun 2014. Lama pendidikan 6 semester dan beban studi sebanyak 108 SKS. Dari hasil keseluruhan proses pembelajaran diketahui peringkat terbaik 1 diraih oleh Febryana Gastri Amelia dengan IPK 3,89, terbaik 2 atas nama Arie Tri Andini dengan IPK 3,70, terbaik 3 dengan nilai sama yaitu atas nama Agnesa Bella Sasongko dan Serlita Dwi Imas Olyanti dengan IPK 3,60. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Kemdikbud RI Membuka Program Guru Penggerak Angkatan 2

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membukan Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 2. …