Disarpustaka Bina Perpustakaan Bajenta Desa Pulau Telo

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Selain meningkatkan minat baca masyarakat dengan keberadaan perpustakaan, terutama perpustakaan umum yang ada di bawah naungan pemerintah, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas juga memiliki tugas lain salah satu yaitu melakukan pembinaan terhadap perpustakaan yang berada di Kabupaten Kapuas dan pada kali ini pembinaan dilakukan terhadap perpustakaan Bajenta yang berada di Desa Pulau Telo Kecamatan Selat, Kamis (1/10/2020) pagi.

Pembinaan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Kapuas Komari, SE dengan di bantu beberapa orang Staf Bidang Pengembangan Perpustakaan.

Kegiatan pembinaan perpustakaan desa ini bertujuan untuk melihat pengelolaan dan pengembangan perpustakaan desa, memberikan bantuan teknis terkait pengelolaan perpustakaan desa baik dalam pengolahan buku hingga proses adminsitrasi yang harus dilakukan di perpustakaan serta membangun atau menggugah kembali komitmen Kepala Desa dalam pengembangan perpustakaan desa.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas mengatakan secara umum pengelolaan perpustakaan desa sudah baik, tapi masih perlu di tingkatkan lagi baik dari segi kelengkapan administrasi perpustakaan desa, pengolahan bahan pustaka, penyelenggaraan layanan, promosi perpustakaan, dan penyelenggaraan kegiatan pelibatan masyarakat di perpustakaan desa.

“Secara umum pengelolaan perpustakaan desa masih perlu ditingkatkan, dengan masih dalam masa pandemi Covid-19 sekarang, membuat kegiatan pelibatan masyarakat tidak bisa optimal dilakukan. Oleh sebab itu Petugas dan masyarakat yang berkegiatan di perpustakaan harus menerapkan protokol kesehatan,”ucap Komari.

Dirinya juga berharap ada komitmen yang kuat dari Kepala Desa untuk mengembangkan perpustakaan desa serta dukungan dari pengelola perpustakaan desa sendiri, agar pengembangan perpustakaan desa dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Hal ini lanjut dia karena kalau tidak ada dukungan dari semua pihak maka semuanya tidak akan berjalan dengan lancar, sedangkan perpustakaan desa sangat besar pengaruhnya untuk mengembangkan minat baca di masyarakat.

“Minat baca merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui konsep literasi,”tutur Komari. (Disarpustaka/hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

PAS Kampanye Di Setawar, Warga Dambakan Listrik PLN

SEKADAU, suaraborneo.com –  Warga Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu menyampaikan aspirasi kepada Pasangan Aron – …