Pemkab Kapuas Bantu Alat Tangkap Ikan di Dua Kecamatan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Potensi besar perikanan tangkap di kawasan Kecamatan Timpah dan Kecamatan Mantangai, menjadi tolak ukur Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas untuk menyetujui disalurkannya sejumlah bantuan alat tangkap ramah lingkungan.

Ir. Darmawan selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas memberikan harapan penuhnya teradap produksi perikanan di sana sehingga dapat lebih besar dan para nelayannya turut meningkat taraf hidupnya.

“Potensi produksi ikan yang cukup besar menjadikan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, membutuhkan peralatan penangkap ikan yang lebih mumpuni. Untuk itulah bantuan ini diberikan guna mengakomodir kebutuhan nelayan disana,”ujarnya belum lama ini.

Sementara itu, ditempat berbeda Kepala Dinas Perikanan melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Ir. Fadhlullah Rosady, MP menyerahkan bantuan alat tangkap berupa 160 set jaring insang Lais bukaan, 49 set Jaring insang bukaan, 160 set Jaring insang Saluang bukaan dan 262 buah pelampung bentuk pinang kepada KUB (Kelompok Usaha Bersama) Lambut Ngiwa Mandiri di Desa Timpah, Kecamatan Timpah.

“Rencananya tidak hanya para nelayan di Desa Timpah saja yang mendapatkan bantuan, Insya Allah setelah ini nelayan-nelayan dari Kecamatan Mantangai juga akan merasakan bantuan dari kita,”kata Fadhlullah.

Kemudian, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas juga melanjutkan kegiatan ke Kecamatan Mantangai guna memberikan bantuan sejumlah alat tangkap seperti Tali ris ukuran benang sebanyak 11 pak, Lunta bukaan 30 set dan 194 set Jaring insang bukaan kepada KUB Tumbang Muroi Habaring Hurung di Desa Tumbang Muroi.

Maridianson selaku Ketua KUB Lapetan Hapakat Bersama di Desa Lapetan, juga tak ketinggalan menerima langsung bantuan 500 kg Jaring rambat bukaan.

Bantuan yang disalurkan merupakan beberapa ajuan proposal dari kelompok-kelompok nelayan yang disetujui Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, mengingat potensi perikanan tangkap di Kecamatan Timpah dan Kecamatan Mantangai cukup tinggi. Lais, Baung, Puhing, Tapah, Patin dan jenis ikan air tawar lainnya mendominasi hasil tangkapan nelayan dari kawasan yang banyak terdapat rawa, sungai, dan danau ini. (prknn/hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

PAS Kampanye Di Setawar, Warga Dambakan Listrik PLN

SEKADAU, suaraborneo.com –  Warga Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu menyampaikan aspirasi kepada Pasangan Aron – …