Percepatan Food Estate, Pemkab Kapuas Dukung HKTI

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, mendukung keberadaan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

“HKTI tempat berhimpunnya para petani. Untuk itu, terkait program pencanangan food estate oleh pemerintah pusat di Kabupaten Kapuas sudah barang tentu pelibatan petani semakin besar,”kata Plt Bupati Kapuas kepada wartawan usai menghadiri Pengukuhan DPC – DPAC HKTI se-Kabupaten Kapuas di Hotel Permata Inn Jalan Seroja Kuala Kapuas Senin (11/10/2020) sore.

Plt Bupati Kapuas menyebut, dalam kaitan food estate dalam hal ini membutuhkan partisipasi petani yang begitu besar. “Sehingga, semakin mempercepat pengembangan food eatate,”ujarnya.

Ketua DPD HKTI Kalimantan Tengah H. Iwan Kurniawan, SH, M.Si mengatakan, saat ini petani masih banyak menghadapi persoalan, menyangkut akses.

“Kebijakan pemerintah belum sepenuhnya mengakomodir kepentingan petani. Namun, adanya HKTI kita harapkan dapat bersinergi dengan Pemda untuk pengembangan pertanian terutama untuk program food estate,”jelasnya.

Di tempat yang sama, Plt. Sekda Kapuas, Drs. Septedy menyampaikan, Pemda Kapuas terus membangun sinergi dengan HKTI.

Food estate, adalah proyek strategis. Jadi pola kemitraan dengan HKTI terus dikuatkan. Sebagai bentuk dukungan kedepan Pemda Kapuas akan menganggarkan dana untuk HKTI Kabupaten Kapuas.

Sementara itu, Ketua DPC HKTI Kabupaten Kapuas, Supenpri menyatakan, HKTI satu tujuan. “Mensejahterakan petani,”tegasnya.

Pengukuhan DPC DPAC HKTI dihadiri Forkopimda sejumlah OPD serta pengurus yang dikukuhkan. (ujang/ery-SB).

Check Also

Pastor Paroki Petrus Dan Paulus Sekadau, Ajak Masyarakat Kabupaten Sekadau Jaga Kesehatan Bersama

SEKADAU, suaraborneo.com – Pastor paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau keuskupan Sanggau, Kristianus CP menghimbau …