Siring Salah Satu Alternatif Wisata di Kota Kuala Kapuas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Ekowisata berkembang sebagai salah satu pariwisata alternatif dan diartikan sebagai perjalanan wisata alam yang bertanggungjawab dengan cara melakukan konservasi lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan lokal.

Hal itu terbukti dengan adanya salah satu ekowisata yang dibangun melalui Program Neighbourhood Upgrading Shelter Project Phase (NUSP02) di kawasan Handil Semangat, Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Objek wisata siring ini berdiri dari tahun 2018 dan berada di jalan Tjilik Riwut kota Kuala Kapuas, di bangun di kedua sisi sungai yang mana mengitari belakang rumah masyarakat sekita. Objek wisata siring ini masih satu sungai dengan ekowisata kampung barasih.

Panjang objek wisata siring ini kurang lebih 183 meter dan melewati tiga gang, yaitu gang wahyu, gang cipta sejati dan gang damai. Seiring berjalannya waktu, menurut informasi yang didapat dari salah satu Ketua RT 30 Hanafi dan warga sekitar yaitu Zubaidah (44), Rabu (14/10/2020), perkembangan ekowisata Siring Kuala Kapuas tersebut masih dijadikan destinasi ekowisata bagi warga kota Kuala Kapuas dan sekitarnya.

Namun, Hanafi mengatakan dari segi keamanan masih kurang kondusif dan banyak pemuda pemudi yang melakukan perusakkan fasilitas dan digunakan sebagai tempat berkumpul untuk meminum minuman keras.

“Saya berharap agar pemerintah dapat menindaklanjuti terkait aksi dari para pemuda pemudi tersebut. Kami tidak tahu asal mereka darimana dan sudah pernah kami laporkan kepada pihak terkait yaitu dalam hal ini Satpol PP dan pihak kepolisian, yang mana tujuan kami agar keamanan di ekowisata itu lebih ketat lagi,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga sekitar yaitu Zubaidah mengatakan ekowisata siring ini masih ramai dikunjungi khususnya pada hari Sabtu dan Minggu. Ia mengaku bahwa dengan dibangunnya objek wisata siring wilayah tempat tinggalnya lebih indah dan bersih karena awalnya tempat ini hanya berupa sungai kosong. Ia pun berharap supaya ekowisata ini dapat terjaga dengan baik dalam hal kebersihan dan keindahannya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Pilkada Kalteng, DPC Perjuangan Kapuas Gelar Rakercabsus

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, …