Ini Penjelasan Raperda Penyertaan Modal Bank Kalbar dan Pokok-Pokok Pengelolaan Daerah

SANGGAU, SB – Bupati Sanggau yang diwakili oleh Wakil Bupati, Yohanes Ontot, menyampaikan penjelasan tentang dua Raperda eksekutif yang diusulkan untuk di bahas di DPRD Sanggau. Ke dua Raperda yang dijelaskan Bupati dalam rapat paripurna DPRD, Rabu (21/10) tersebut yakni Raperda tentang penyertaan modal pemerintah daerah pada perseroan terbatas bank pembangunan dareah Kalimantan Barat periode 2021 – 2024 dan Raperda tentang pokok – pokok pengelolaan keuangan daerah.

Dalam penjelasannya dihadapan Anggota DPRD, Forkompimda, SKPD dan tamu undangannya lainnya itu, Bupati mengatakan bahwa sebagai salah satu badan usaha milik daerah, PT Bank Kalbar memiliki peran yang cukup strategis dalam pergerakan perekonomian didaerah khususnya Sanggau sehingga perlu diberdayakan untuk mendorong pergerakan perekonomian dan produktifitas sektor reel perusahaan dal rangka menggiatkan perekonomian di daerah. Salah saru upaya Pemkab Sanggau adalah melakukan penyertaan modal.

“Salah satu maksud dari penyertaan modal tersebut adalah meningkatkan jumlah kepemilikan saham Pemkab Sanggau pada bank pembangunan daerah Kalimantan Barat serta sebagai upaya meningkatkan PAD juga sebagai wujud pemberdayaan badan usaha milik daerah,” ujar Yohanes Ontot yang menyampaikan penjelasan Bupati.

Selanjutnya, Raperda tentang pokok – pokok pengelolaan keuangan daerah. Dijelaskan Bupati bahwa, mengingat urgensi dari Perda ini maka dipandang perlu untuk menyusun Raperda tentang pokok – pokok pengelolaan keuangan daerah yang baru menggantikan Perda Kabupaten Sanggau nomor 3 tahun 2010 tentang pokok – pokok pengelolaan keuangan daerah sebagaimana telah diubah dengan Perda nomor 6 tahun 2016 tentang perubahan atas Perda nomor 3 tahun 2010 tentang pokok – pokok pengelolaan keuangan daerah.

“Saya sampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepada Pansus DPRD Kabupaten Sanggau atas dukungan, atensi, dan perhatiannya yang telah melakukan pembahasan substansi dan materi Raperda Kabupaten Sanggau serta melakukan koordinasi dan kaji terap terhadap kedua Raperda ini dalam rangka penyempurnaannya,” ucap Bupati. (Bry)

Check Also

Selain Guru Ngaji, ZR Akan Sejahterakan Guru Honorer dan PTT di Tanbu

BATULICIN, SuaraBorneo.com – Kampanye terbatas di wikayah Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Calon …