Peduli Situs Budaya, Kapolda Kalteng Resmikan Renovasi Rumah Betang di Kobar

PANGKALANBUN, SuaraBorneo – Polres Kobar dan Polda Kalteng bersama jajarannya ikut ambil bagian dalam menjaga kelestarian budaya serta menjunjung tinggi kearifan lokal yang ada tentunya .

Salah satunya, Polda Kalteng dibawah pimpinan Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, meresmikan renovasi Rumah Betang di lokasi wisata budaya adat Suku Dayak, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Minggu (25/10/2020).

Hadir dalam kegiatan itu, Pejabat Utama Polda Kalteng, Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Devy Firmansyah, Ketua Dewa Adat Dayak (DAD) Kobar Wendi, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Kapolda menyampaikan, rumah betang ini merupakan tempat keramat yang dibangun nenek moyang masyarakat dayak Kalteng beberapa abad lampau. Sebahai tempat spritual bersyukur kepada leluhur dan menyelaraskan hubungan manusia dengan alam.

“Saya berharap dengan telah direnovasinya bangunan ini, nantinya dapat dijadikan sebagai wahana untuk melestarikan adat istiadat dan budaya serta sebagai perekat kerukunan hidup antara umat beragama di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Provinsi Kalteng,”pintanya.

Kemudian, mantan Waka Polda Kalteng ini, menandatangani prasasti peresmian dan pemukulan gong yang menandakan telah resminya balai raja tersebut dan mengikuti rangkaian acara adat dayak. (ujang/ery-SB).

Check Also

Datang ke Desa Wonorejo Kusan Hulu, Zairullah Disambut Tarian Bali

BATULICIN, SuaraBorneo.com – Warga Desa Wonorejo Kecamatan Kusan Hulu, begitu antusias menyambut kedatangan Calon Bupati …