Pemkab Kapuas Kembali Terima Penghargaan Proklim

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas menerima penghargaan apresiasi pembinaan dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas, Jumat (23/10/2020) pagi.

Dalam kegiatan ini penghargaan diterima secara simbolis oleh Plt Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor yang diwakili oleh Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Septedy secara virtual melalui Video Conference (Vcon). Penyerahan apresiasi itu dilakukan dalam acara Puncak Kegiatan Festival Iklim Tahun 2020.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk peran aktif Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dalam menetapkan Kebijakan atau Peraturan serta secara aktif telah melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kusmiatie menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Kapuas Nomor : 660 /918/DLH.2020 Tentang Pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) Di Kabupaten Kapuas.

Dalam surat edaran tersebut berisi tentang himbauan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Instansi vertikal, BUMN, Perusahaan Swasta, Camat dan Kelurahan atau Desa, untuk melaksakan upaya aksi Adaptasi atau upaya untuk Menyesuaikan terhadap Perubahan iklim yang terjadi.

“Seperti penghematan penggunaan air, penganekaragaman tanaman pangan, dan pemanfaatan lahan pekarangan dan mitigasi perubahan iklim yaitu upaya menurunkan emisi gas rumah kaca dengan contoh pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan yaitu melestarikan flora dan fauna,”ucap Kusmiati.

Turut hadir mendampingi Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Septedy, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kusmiatie, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Aswan dan para tamu undangan. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Belimbing Hulu dan Belimbing Ditargetkan Jadi Lumbung Suara Paslon Panji-Ahmaddin

MELAWI, SUARABORNEO – Mendekati hari pemilihan bupati dan wakil bupati pada 9 Desember mendatang Paslon …