Banpres UMKM, Ribuan Warga Antusias Buat Suket Domisili

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Ribuan pelaku Usaha Micro Kecil dan Menegah (UMKM) di Kelurahan Selat Tengah, Kecamatan Selat antusias mengurus pembuatan surat keterangan domisili dan surat keterangan usaha serta pengumpulan berkas sebagai persyaratan Program Bantuan Presiden (Banpres) Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Lurah Selat Tengah, Yusak Rabin yang menjelaskan bahwa warga sekarang ini mengurus persyaratan salah satunya pembuatan surat keterangan domisili dan surat keterangan usaha yang membeludak.

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Lurah Selat Tengah, Yusak Rabin saat ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa Kelurahan Selat Tengah telah melayani pembuatan surat keterangan domisili sampai dengan hari ini, Senin (26/10/2020) sebanyak 2.244 berkas dan untuk pembuatan surat keterangan usaha sudah mencapai 3.598 berkas.

Adapun berkas surat keterangan domisili yang dimaksud adalah keterangan warga yang benar-benar berdomisili sesuai KTP di wilayah Kelurahan Selat Tengah atau warga yang memang menetap di wilayah Kelurahan Selat Tengah melalui surat keterangan dari Ketua RT, walaupun KTP nya tidak berdomisili di wilayah Kelurahan Selat Tengah begitu pula dengan surat keterangan usaha.

“Pada dasarnya Kelurahan Selat Tengah mampu melayani pembuatan Surat Keterangan Domisili dan Usaha mencapai 500 berkas dengan mengandalkan 4 komputer beserta operatornya. Tentunya kami terus bekerja keras dalam melayani masyarakat sebaik-baiknya, semoga dengan adanya program ini ekonomi masyarakat dapat bergerak dan berjalan baik,” ungkap Yusak.

Kemudian, dirinya menjelaskan bahwa sekarang ini BLT UMKM sudah memasuki tahap kedua dan Kelurahan Selat Tengah menjadi kelurahan paling banyak menerima berkas dari warga, dikarenakan wilayah Kelurahan Selat Tengah merupakan wilayah paling luas dan padat penduduk serta termasuk dalam wilayah pasar.

Lurah Selat Tengah Yusak Rabin mengatakan bahwa Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas menyerahkan pengumpulan berkas kepada tiap Kelurahan untuk menghindari penumpukkan sehingga anjuran mengenai protokol Kesehatan covid-19 tetap dapat dijalankan sebaik mungkin. Kemudian, Kelurahan mengumpulkan berkas dari masyarakat yang telah terverifikasi untuk selanjutkan diusulkan ke Pemerintah Pusat.

“Kami berharap dapat maksimal dalam melayani masyarakat sehingga program pemerintah berjalan dan masyarakat kami khususnya Kelurahan Selat Tengah bisa menikmati program-program yang diberikan Pemerintah, termasuk juga program bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas salah satunya dalam bentuk Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (BLT-APBD),” pungkas Yusak. (hmskmf)

Check Also

Nyoman Slogo (75) : Saya Senengnya sama Pa Zairullah Dari Dulu, Beliau Sering Berkunjung Ke Desa dan Membantu Kami

BATULICIN, SuaraBorneo.com – Antusias warga Bali di Desa Kerta Buana Kecamatan Sungai Loban untuk memberikan …