Pengurus Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Kalteng Resmi Dilantik

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Komisariat Kalimantan Tengah Himpunan SarjanaKesusastraan Indonesia (HISKI) periode 2020-2024, Senin (26/10/2020) resmi dilantik. Pelantikan yang masih dalam situasi darurat pandemi Covid-19 ini berlangsung dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan ini berlangsung di Aula Universitas PGRI Palangka Raya.

Ketua Umum HISKI Pusat, Prof. Dr. Suwardi Edraswara, M.Hum berkenan hadir dan melantiknya secara langsung.
Ketua HISKI Komisariat Kalteng terpilih adalah Dr. Diplan, S.Pd, M.Pd, Wakil Ketua, Dr. Linggua Sanjaya Usop, M.Si, dan Sekretaris, Dr. Misnawati, M.Pd.

Dalam rangkaian pelantikan pengurus HISKI Kalteng ini seluruh pengurus beserta anggota mengucapkan ikrar janji serta slogan dengan penuh kesungguhan dan optimistis untuk dapat melaksanakan tugas secara ikhlas dan penuh motivasi.

Hadir pula menyaksikan pelantikan itu beberapa pimpinan perguruan tinggi terbesar di Kalimantan, Kepala Balai Bahasa Kalteng, dosen, guru, dan mahasiswa.

Ketua HISKI terpilih Dr. Diplan, S.Pd, M.Pd mengucapkan terimakasih atas amanat yang diberikan kepadanya, untuk itu ia akan bekerja dan berkarya secara sungguh-sungguh dan ikhlas beserta seluruh pengurus demi kemajuan HISKI Komisariat Kalteng.

“Selanjutnya kita bersama akan melaksanakan kegiatan HISKI minimal dua kali dalam setahun dan akan melaporkan kepada HISKI pusat. Banyak hal yang bisa dilakukan HISKI sebagai wadah bekerja, belajar, berkarya, dan berkiprah untuk mengangkat dan menjaga sastra daerah sebagai aset nasional. Kita akan menjalin kerja sama yang baik dengan pihak mana pun yang peduli dan menaruh minat terhadap dunia kesusastraan,”pesan pemuda kelahiran Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan ini.

Lebih lanjut dikatakan, Diplan, pihaknya sangat senang bisa bekerjasama dengan empat perguruan tinggi terbesar di Kalimantan Tengah dengan ditandai penandatanganan nota kesepakatan (MoU) HISKI Komisariat Kalteng dengan empat pimpinan perguruan tinggi di Kota Palangka Raya.

Empat perguruan tinggi itu yang siap bekerja sama dengan HISKI Komisariat Kalteng, yakni Universitas Palangka Raya (UPR), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Tampung Penyang, dan Universitas PGRI.

Acara pelantikan itu juga diisi oleh penampilan medley lagu daerah dan pembacaan puisi oleh mahasiswa UPR. Terlebih, puisi yang dibacakan berjudul “Akulah HISKI” merupakan karya Ketua HISKI pusat, Suwardi Endraswara. Tak ketinggalan, Wakil Rektor II Universitas PGRI, M. Karso, M.Pd pun turut tampil dengan percaya diri membawakan puisi tanpa teks berjudul “Aku” karya Chairil Anwar dengan hapalan yang hampir sempurna.

Kegiatan yang dirangkai dengan kuliah umum menghadirkan Suwardi Endraswara ini dengan gayanya yang santai dan senyum murahnya yang khas.

Kain rentang yang menempel di dinding pentas bertuliskan tema “Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya untuk Mempersiapkan Generasi Emas” menjadi latar belakang yang melengkapi acara pelantikan pengurus HISKI Kalteng dan kuliah umum.

Berkaitan dengan upaya mempersiapkan generasi emas yang berkarakter, Endraswara mendorong agar kebiasaan bersastra senantiasa dilakukan secara terus menerus.

“Organisasi HISKI ini bersifat terbuka. Silakan bekerja untuk meneliti, mengajarkan sastra dan bekerja sama dengan berbagai instansi, seperti perguruan tinggi, Balai Bahasa, dan komunitas apa pun yang tertarik dengan kesusastraan.

Sekali lagi, selamat untuk HISKI Kalteng dan selamat berkarya,”kata Prof. Dr. Suwardi Endraswara M.Hum.
(ujang/ery-SB).

Check Also

Hari Ini, Pengurus Pusat JMSI Dikukuhkan

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dikukuhkan siang ini (Senin, 25/11) …