Pulau Kupang Kecamatan Bataguh Kapuas Miliki Potensi Wisata

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Kecamatan Bataguh yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas memiliki banyak potensi wisata selain dari situs Bataguh yang merupakan legenda Nyai Undang ternyata ada habitat primata yang dilindungi yaitu Bekantan.

Destinasi wisata tersebut berada di Kelurahan Pulau Kupang Kecamatan Bataguh

Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng atau tepatnya di pulau Kupang yang berada di tengah sungai.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olah Raga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas H Suparman menyampaikan bahwa Disbudpora Kapuas akan mengembangkan potensi wisata yang ada di Kecamatan Bataguh tersebut.

“Rencananya kita akan buat seperti jembatan yang mengelilingi pulau agar wisatawan lokal bisa berkeliling sembari melihat serta berinteraksi dengan primata langka tersebut,” ungkap H Suparman saat ditemui di Ruang Kerja Kadisbudpora beberapa waktu lalu.

Menurutnya yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah sarana dan prasarana untuk mendukung program pengembangan kawasan wisata tersebut.

“Jika rencana ini didukung semua pihak tentunya akan cepat terealisasi. Aset wisata ini mudah terjangkau baik lewat darat maupun susur sungai dan jaraknya tidak jauh dari kota,”tuturnya.

Ia mengharapkan apabila terealisasinya rancangan pengembangan kawasan potensi wisata yang berada di Pulau Kupang tersebut bisa dikunjungi tidak hanya wisatasan lokal tetapi juga wisatawan dari luar daerah Kapuas.

“Bagaimana caranya kawasan potensi wisata ini nantinya bisa membuat orang – orang yang sudah berkunjung kesana ingin kembali lagi mengunjunginya sehingga ada rasa rindu dengan Kapuas ini,”imbuhnya.

sebelumnya Kadisbudpora Kabupaten Kapuas H Suparman sudah beberapa kali melihat secara langsung lokasi calon pengembangan wisata hewan primata yang sangat dilindungi itu dan juga merencanakan adanya konservasi agar nantinya kawasan itu bukan hanya jadi tempat wisata semata tetapi juga sebagai kawasan konservasi bekantan dan hewan primata lainnya.

“Selain agar Kapuas banyak dikenal oleh khalayak umum
kawasan potensi wisata Pulau Kupang ini juga bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari segi kepariwisataan,”pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Nyoman Slogo (75) : Saya Senengnya sama Pa Zairullah Dari Dulu, Beliau Sering Berkunjung Ke Desa dan Membantu Kami

BATULICIN, SuaraBorneo.com – Antusias warga Bali di Desa Kerta Buana Kecamatan Sungai Loban untuk memberikan …