Pengawasan Pemilu, Ombudsman Siap Bekerjasama Dengan Bawaslu

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Memperkuat pengawasan sangat penting, seperti pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) dalam kontestasi Pilkada Kalteng Tahun 2020.

Tak hanya Bawaslu, tetapi juga peran Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Media Massa serta lembaga independen lainnya guna memastikan tahapan Pemilu berjalan sesuai ketentuan.

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng),
Biroum Bernardianto kepada media Sabtu (7/11/2020) menegaskan, pihaknya akan bekerjasama dengan Bawaslu terkait pengawasan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020.

“Ombudsman siap bekerja sama dengan Bawaslu,”kata Biroum Bernardianto yang yang juga Dosen Fakultas Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) ini.

Dikatakan, sinergi dan kapasitas diharapkan berjalan baik. Mengingat pelaksanaan Pilkada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Sebab, dihadapkan pada situasi pandemi sehingga mengedepankan protokol kesehatan mengurangi resiko penularan Covid-19,”imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, terkait pemanfaatan fasilitas pemerintah untuk itu, perlunya disiapkan mitigasi secara ketat menghindari hal tersebut.

Selain itu pula, tambahnya, SDM dan finansial wajib disiapkan untuk menghindari resiko itu agar Pilkada berjalan kondusif dan transparan. (ujang/ery-SB).

Check Also

Fahri Bachmid : Kedudukan, Tugas dan Wewenang Menurunkan Spanduk HRS Tidak Boleh Sewenang-wenang Ngacu Pada Tugas Pokok dan Peran TNI

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Pakar Hukum Tata Negara Universitas Muslim (UMI) Indonesia Dr. Fahri Bachmid,S.H.,M.H. menejalaskan …