Pandemi Covid-19, Polda Kalsel Gelar Upacara HUT Brimob Secara Virtual

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Hari ulang tahun (HUT) Korps Brimob Polri pada tahun 2020 ini dirayakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan secara sederhana.

Ditengah Pandemi Covid-19, HUT ke-75 Korps Brimob Polri kali ini hanya menggelar Upacara secara virtual dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. dihadiri Wakapolri, Pejabat Utama Mabes Polri, sejumlah Purnawirawan dan personel Brimob Polri lainnya di Jakarta, serta diikuti oleh Polda dan Polres se Indonesia secara virtual.

Polda Kalsel turut mengikuti rangkaian HUT ke-75 Korps Brimob Polri di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri dengan dipimpin Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. beserta Irwasda Polda Kalsel dan Pejabat Utama Polda Kalsel, Sabtu (14/11/2020) pukul 10.00 Wita.

Sambutan dan arahan Presiden Republik Indonesia Ir H. Joko Widodo mengawali dimulainya pelaksanaan Upacara HUT ke-75 Korps Brimob Polri tersebut yang dilanjutkan dengan Mars Korps Brimob Polri dan mengheningkan cipta.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan, pengabdian Brimob sudah menjadi catatan sejarah perjalanan bangsa. “Korps Brimob lahir tumbuh dan berkembang bersamaan dengan institusi Polri dan perjalanan bangsa,” kata Kapolri.

Brimob, lanjut Kapolri, diandalkan untuk mengawal dan mengamankan NKRI terlebih Brimob telah menunjukkan eksistensi, di antaranya penanganan teroris, ganggauan keamanan, bencana alam, hingga penanganan Covid-19.

“Penanganan Covid-19 oleh Brimob yakni dengan mendirikan dapur umum, mendirikan rumah sakit khusus, dan bantuan sosial,” tutur Kapolri.

Kapolri menambahkan, tantangan ke depan adalah pengamanan Pilkada, penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi masyarakat serta dampak lainnya.

“Tingkatkan keimanan, jalankan tugas sebagai ibadah, jaga kehormatan pribadi dan institusi Polri. Tingkatkan sinergi dengan TNI, jadilah penyemangat bagi keluarga, rekan-rekan, bagi masyarakat, dalam menerapkan protokol kesehatan serta junjung tinggi Tribrata,” katanya.

Usai pelaksanaan Upacara, dilanjutkan dengan tanya jawab Kapolri dengan personel Brimob Polri serta Syukuran dengan tema “Brimob Untuk Indonesia”.

Pada kesempatan ini, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. melakukan Pemotongan tumpeng yang di berikan kepada anggota Brimob Tertua Iptu Agung Wibowo dan ditutup dengan Foto bersama. (*/ad)

Check Also

MABM Kabupaten Sekadau Gelar FGD Jelang Pilkada

SEKADAU, suaraborneo.com – Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) kabupaten Sekadau menggelar Fokus Grup Discussion (FGD) …