Desa Tapang Semadak Memiliki Zero Mass Water Sejak Tahun 2018

SEKADAU, suaraborneo.com – Desa Tapang Semadak Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat memiliki Zero Mass Water yang menghasilkan air meneral dari sinar matahari.

Theresia Yusmini, kades Tapang Semadak mengatakan itu merupakan bantuan solidaridat dari negara Singapura langsung pada tahun 2018 sebelum kantor desa jadi.

“Tapang Semadak memiliki Zero Mass Water yang di dapatkan dari bantuan solidaridat Singapura langsung dan dikerjakan oleh teknisi langsung dari sana,” kata Theresia, Selasa (1/12/2020).

Sebanyak 4 panel yang ada di desa Tapang Semadak dari 12 panel yang ada di Kalimantan Barat.

“Di Kalimantan Barat terdapat 12 panel, 4 diantaranya ada di Tapang Semadak,” jelas salah satu kades perempuan di kabupaten Sekadau tersebut.

“1 panel bisa menghasilkan 5 liter air kalau cuaca panas, jadi 4 panel berarti menghasilkan 20 liter, sementara untuk filternya setiap 1 tahun diganti 1 kali” tutur Treresia.

Beliau juga menjelaskan bahwa panel tersebut bisa menghasilkan air mineral dan di konsumsi, khusus pegawai kantor desa Tapang Semadak, semua mengkonsumsi air mineral yang dihasilkan dari panel tersebut.

“Kami pegawai kantor Desa Tapang Semadak, semuanya mengkonsumsi air mineral yang dihasilkan panel zero mass water tersebut,” tutup Theresia. (ps)

Check Also

Bersama Relawan Kalimantan Peduli, Yayasan ANIC Banjarbaru Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir

BANJARBARU, SB – Tunjukkan kepedulian terhadap korban banjir dibeberapa wilayah terdampak, Yayasan ANIC Banjarbaru yang …