Luluskan 600 Mahasiswa, UMPR Gelar Wisuda Walk Thru

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menggelar prosesi Wisuda Sarjana ke-28, Pascasarjana ke-5, dan Diploma ke-18 tahun 2020 dengan menerapkan metode “Walk Thru” yang pertama kalinya selama masa pandemi Covid-19, bertempat dihalaman Gedung Aula Utama, Kampus UMPR, Sabtu (28/11/2020) pagi.

Pelaksanaan Wisuda ini tetap mengedepankan protokol pencegahan covid-19 dengan melibatkan Satgas Gugus Covid-19 Kota Palangka Raya, Pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan serta rundown acara yang sistematis dengan mengacu pada protokol kesehatan.

Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd dalam orasi ilmiahnya di Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dengan acara tunggal Wisuda, menyebut bahwa di momentum ini UMPR kembali melepaskan sebanyak 600 mahasiswanya dari 6 Fakultas untuk dikembalikan kepada orang tua dan masyarakat setelah menyelesaikan masa studinya di UMPR dan resmi di wisuda.

“Kami mengucapkan selamat karena teman-teman yang diwisuda tahun ini juga telah resmi melepas statusnya sebagai mahasiswa UMPR, setelah melewati beragam dinamika selama mengikuti proses studi hingga paripurna resmi menjadi lulusan dan alumni UMPR,”ujar Dr. Sonedi, M.Pd.

Para lulusan UMPR yang kini sudah menjadi alumni UMPR tentu harus mengamalkan caturdarma perguruan tinggi yang dianut oleh UMPR untuk berbuat yang lebih luas dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas.

“Prestasi terhebat orang tua salah satu adanya adalah saat anak-anaknya telah menyelesaikan masa studi dan diwisuda. Karena orang tua menaruh harapan besar agar anaknya berhasil dan sukses,”ajaknya lagi.

Rektor yang menjabat sejak 2019 ini juga menyebutkan bahwa wisudawan merupakan pewaris tahta di keluarganya yang sekaligus akan menjadi cerminan bagi masyarakat.
“Setelah wisuda ini barulah akan menghadapi dunia secara rill, karenanya kami sebagai dosen berwasiat agar dapat memanfaatkan ilmu ini untuk pengembangan pribadi, lembaga dan komunitas,” tambahnya.

Ia juga mengajak para alumni untuk terus menjaga hubungan baik dengan civitas dan almamater UMPR, dimana saja berkiprah.

Siti Khadijah Ilmiyanti dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) dalam wawancara saat ditemui mewakili wisudawan UMPR Tahun 2020 juga mengaku bangga karena telah berhasil menyelesaikan studinya sekaligus berjanji akan mengamalkan ilmu dan pengalaman yang sudah diperoleh untuk pengabdian yang lebih besar bagi keluarga, masyarakat bangsa dan negara, sehingga mampu mewujudkan bahwa lulusan UMPR memang selalu dapat diandalkan.

“Karena ini adalah awal bagi kami untuk siap menuju tahap yang lebih atau berat, karenanya kami minta rhidoi orang tua kami tercinta, untuk melanjutkan perjuangan sekaligus mendoakan kebaikan bagi semua bapak ibu dosen yang selama ini telah banyak memberikan ilmu dan mendampingin kami sampai menyelesaikan studinya, semoga mendapatkan balas kebaikan yang berlimpah,”harapnya.

Sidang Senat Terbuka dengan Acara Wisuda tahun 2020 ini selain melaksanakan acara inti penyerahan ijazah dan pemindahan kuncir, sekaligus di isi dengan penyerahan penghargaan bagi para wisudawan berprestasi. Adapun jumlah lulusan yang diwisuda dari masing-masing fakultas adalah sejumlah 243 orang (FISIP), 194 orang (FKIP), 7 orang (FAPERTAHUT), 16 orang (FAI), 13 orang (FTI), dan 127 orang (FIK).

Adapun wisudawan terbaik untuk wisuda tahun 2020 ini adalah Oktipia Pangestika (S2 FISIP), Risnawati (S1 FISIP), Asep Gunawan (FKIP), Ketut Sudarmi (FAPERTAHUT), Suyono (FAI), Siti Tri Handayani (FTI), dan Siti Khadijah Ilmiyanti (FIK). (ujang/ery-SB).

Check Also

Dukung Vaksinasi Covid-19, Garuda Indonesia Luncurkan Desain Livery Khusus Armada B737-800NG

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Maskapai Nasional Garuda Indonesia pada Jumat (15/1/2021) meluncurkan livery khusus dalam rangka …