KPU : Seluruh Logistik Pilkada Sudah Di Distribusikan

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Menghadapi pemungutan suara tanggal 9 Desember Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah telah mendistribusikan seluruh logistik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2020 ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kalteng.

Demikian disampaikan, Ketua KPU Kalteng H Harmain ketika menggelar jumpa pers terkait persiapan Pilkada serentak Selasa sore (8/12/2020).

“KPU, hari ini sudah mendistribusikan seluruh logistik terkait persiapan jelang pemungutan suara ke
kabupaten/kota,”jelasnya.

Didampingi seluruh komisioner KPU Kalteng, Sastriadi, Eko Wahyu, Wawan Wiraatmaja dan Sapta logistik semuanya sudah 100 persen.

“Dipastikan malam hari ini sudah diterima di 6.045 TPS se-Kalteng,”ujar Harmain.

Kemudian, katanya pula, untuk petugas juga sudah siap untuk melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 dimulai dari petugas di tingkat PPK di tingkat PPS dan KPPS.

Dia menambahkan, terkait dengan protokol kesehatan, sebagaimana semangat kita untuk penerapan protokol penanganan Covid 19 tetap dikedepankan.

Oleh karena itulah, pihaknya dalam kesempatan meyakinkan kepada masyarakat bahwa petugas kita adalah petugas yang sehat seluruh petugas kita sudah melakukan tes terkait dengan kesiapan untuk penyelenggaraan di TPS untuk besok dan beberapa hari kemudian.

Terkait, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kalteng ada sebanyak 1.650.449, dan KPU juga telah melaksanakan pemusnahan untuk surat suara yang rusak dan surat suara yang lebih. Hal ini sebagaimana yang diatur dalam ketentuan PKPU No.8 tahun 2020 tentang pengamanan surat suara yang harus dimusnahkan paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

Di tingkat provinsi, dari yang diadakan kemarin, ada kelebihan sebanyak
1.186 lembar dan hari ini tadi sudah dimusnahkan bersama-sama dengan Bawaslu dan pihak kepolisian.

“Selain itu, kawan-kawan di kabupaten kota juga melaksanakan pemusnahan surat suara yang rusak dan yang lebih. Untuk yang yang ada di dua tempat, pertama di Kobar kelebihan surat suaranya 1.253 lembar. Kemudian, di Kapuas sebanyak 300 lembar,”tutup Harmain. (ujang/ery-SB).

Check Also

Aksi Sosial, DPD PSI Jakarta Barat Berbagi Takjil

JAKARTA, suaraborneo.com – Di Bulan Suci Ramadhan 1442 H tahun 2021 kali ini banyak pihak …