Mengenal Bahan Peledak Dan Senpi di Bandara, Manajemen Angkasa Pura I Gelar Latihan Bersama Gegana Brimod Polda Kalsel

BANJARBARU, SuaraBorneo.com – Manajemen Angkasa Pura I menggelar sosialisasi pengenalan senjata api (senpi) dan bahan peledak untuk _Airport Security_ Bandara Internasional Syamsudin Noor pada Selasa (15/12) mulai pukul 09.30 WITA.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan personel _Airport Security_ dalam mengenali dan mendeteksi berbagai macam senjata api dan bahan peledak. Bekerjasama dengan Brimob Polda Kalimantan Selatan, lebih dari 80 personel _Airport Security_ yang terdiri dari personel _Junior_ dan _Basic_ dilatih oleh tim _Datasement_ Gegana Brimob Polda Kalimantan Selatan.

“Kegiatan pelatihan ini menjadi usaha kami untuk dapat mencapai sistem pengawasan dan pengendalian keamanan di bandar udara yang efektif dan efisien dalam mencegah terjadinya tindakan gangguan melawan hukum dan tindakan kriminal di bandar udara”, terang Amiruddin Florensius, General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Kegiatan yang terbagi menjadi dua batch ini dilakukan di dua lokasi yaitu Ruang _Classroom_ Kantor _Airport Security_ dan _Security Check Point_ (SCP) _Random_ di Gedung Terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Kegiatan diawali dengan pemaparan tentang bahan peledak dan pengenalan jenis-jenis serta bentuk bahan peledak di Kantor _Airport Security_ oleh Iptu Sunardi. Tidak hanya bahan peledak, personel _Airport Security_ juga dijelaskan jenis-jenis senjata api dan komponen di dalam senjata api untuk menambah pengetahuan dan kewaspadaan para personel ketika bertugas.

Setelah pemaparan dan pengenalan tentang bahan peledak maupun senjata api, para peserta melanjutkan kegiatan di area SCP Random di Bandara Internasional Syamsudin Noor untuk melakukan praktik mendeteksi benda-benda yang sudah dijelaskan sebelumnya ketika melewati pengecekan x-ray.

“Keamaan dan kenyamanan para pengguna jasa merupakan hal yang utama dalam pelayanan bandar udara. Untuk itu deteksi dini menjadi hal yang penting untuk dilakukan dan dipahami, terutama oleh personel _Airport Security_”, pungkas Amir. [VA]

Banjarbaru, 15 Desember 2020
GENERAL MANAGER

AMIRUDDIN FLORENSIUS

Contact Person: Ahmad Zulfian Noor (Stakeholder Relation Manager)
Tlp: (0511) 470 5277
E-mail: humas.bdj@ap1.co.id

Check Also

Dukung Vaksinasi Covid-19, Garuda Indonesia Luncurkan Desain Livery Khusus Armada B737-800NG

JAKARTA, SuaraBorneo.com – Maskapai Nasional Garuda Indonesia pada Jumat (15/1/2021) meluncurkan livery khusus dalam rangka …