Kominfo Kapuas : PPID Siap Berikan Pelayanan Terbaik

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas, Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes menyatakan pihaknya siap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik itu dari segi penyediaan informasi, aduan rakyat maupun pelayanan informasi di Badan Publik.

Hal itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Pelaksanaannya yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab, dimana setiap Badan Publik harus mempunyai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“PPID utama sendiri berada pada Dinas Kominfo Kapuas dan Perangkat Daerah lainnya sebagai PPID Pembantu, untuk itu kami siap memberikan pelayanan keterbukaaan informasi kepada masyarakat,”ucap Kadis Kominfo, Selasa (12/1/2021).

Dikatakan, bagi masyarakat yang ingin meminta informasi terkait di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi secara offline, bisa datang langsung ke Dinas Kominfo Kapuas yang beralamatkan di Jalan Pemuda Km 5,5.

“Pemerintah juga memiliki sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR! sebagai sistem layanan pengaduan publik yang dapat digunakan oleh masyarakat, dengan tujuan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik,”tambahnya.

Namun hal penting yang harus diketahui warga, tambah Dr H Junaidi, yaitu setiap pengaduan tentang pelayanan publik harus jelas dan lengkap. Terutama tempat kejadian, instansi terkait yang bertanggung jawab dan waktu kejadian serta akan lebih baik jika warga menyediakan bukti kejadian sehingga lebih terpercaya.

Terkait mengenai pelayanan Kehumasan, dirinya mengharapkan agar setiap operator kehumasan di masing-masing instansi untuk siap memberikan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat. Kemudian memberikan pelayanan informasi yang cepat, tepat akurat serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Sebagai pelayan publik, kita harus mampu melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar layanan informasi yang sudah diatur dalam perundang-undangan yang berlaku,”ujar H Junaidi. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Kegiatan DPRD Banjarbaru Saat Ramadhan

Nurkhalis Anshari, anggota DPRD KOTA BANJARBARU BANJARBARU, SuaraBorneo.com -Bulan Ramadhan saat ini masih diliputi dengan …