Dinsos Harapkan Unsur Masyarakat Bantu Pembaharuan Data DTKS

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah Budi Kurniawan, S.Sos M.Si menyampaikan, bahwa agenda Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Tahun 2021 adalah pembaharuan Data Terpadu Kesehatan Sosial (DTKS). Hal tersebut disampaikannya saat wawancara diruang kerjanya, Selasa (19/01/2021).

Menurutnya, sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat yakni tugas utamanya adalah pembaharuan data DTKS, karena data tersebut adalah kunci untuk bantuan yang akan diberikan.

“Dalam hal ini yang paling utama bagi kami ditahun 2021 ini adalah kevalidan data, karna data ini adalah kunci untuk bantuan yang akan diberikan,” ucapnya.

Dijelaskan, jika data tersebut tidak diperbaharui maka banyak bantuan-bantuan dari pemerintah yang akan hilang seperti BST, BPNT, PKH, dan BLT Dana Desa.

“Saya mengharapkan dukungan semua elemen unsur masyarakat baik itu dari RT, Kelurahan, Kecamatan agat dapat membantu pembaharuan data DTKS tersebut agar bantuan-bantuan dari pemerintah tidak hilang,”tuturnya.

Sedangkan, untuk dana BLT APBD yang merupakan kebijakan daerah dan melihat ditahun 2021 ini akan fokus untuk penanganan Covid-19 yang diarahkan pada program vaksinasi karena Pemerintah Daerah diminta untuk peran sertanya.

Dirinya juga mengingatkan, kembali untuk Kepala Desa, RT, RT, dan Kelurahan agar dapat membantu untuk menyempurnakan data tersebut sehingga yang awalnya menerima bantuan BLT APBD dapat diarahkan atau diusulkan kepada bantuan pemerintah pusat karena bantuan Pemerintah Daerah terbatas.

“Ayo Kepala Desa, RT, RW dan Kelurahan bantu kami untuk menyempurnakan data,”pungkas Budi. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Dirsamapta Polda Kalteng : Kami Akan Selalu Siap Bantu Tanggulangi Karhutla

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) kali ini ikut berperan …