7 Desa Terdampak Banjir! Camat Daha Selatan Ingatkan Warganya Untuk Lebih Waspada

KANDANGAN, SB – Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan pertanggal 25 Januari 2021 pukul 15:00, tercatat ada 7 Desa terdampak, 31 rumah terendam, 38 KK, 125 jiwa.

” Tindakan pertama yang telah kami lakukan adalah akurasi data, menghimbau warga untuk lebih waspada melalui, mendirikan posko induk dikantor kecamatan dan mendirikan posko didesa-desa terdampak, menyiapkan tempat pengungsian serta telah berkoordinasi dengan BPBD, Polsek,dan Koramil serta dinas terkait. Untuk data dan informasi terkait banjir ini selalu kami update perhari,” ujar Camat Daha Selatan, Nafarin kepada suaraborneo.com

Berikut Nama-Nama Desa Terdampak Banjir Kec. Daha Selatan :

1. Bayanan, 1 KK 3 jiwa
2. Pihanin Raya, 13 KK 32 jiwa
3. Habirau, 11 KK 35 jiwa
4. Banua Hanyar, 6 KK 22 jiwa
5. Tambangan, 1 KK 4 jiwa
6. Baruh Jaya, 4 KK 21 jiwa
7. Samuda, 2 KK 8 jiwa

“Air dalam rumah warga terdampak banjir tersebut ketinggiannya berkisar antara 5-10 centimeter sedangkan dijalan memang ada beberapa titik yang banjir namun masih aman untuk dilewati pengguna jalan. Warga yang terdampak banjir hingga saat ini masih bertahan dirumah masing-masing dan insyaAllah besok dari Dinas Sosial Kabupaten HSS mendistribusikan bantuan berupa sembako kepada warga yang saat ini terdampak” pungkas Nafarin.

Berdasarkan Topografi daerah Daha Selatan merupakan dataran rendah dan ekosistem rawa gambut serta adanya titik temu Sub DAS dari 4 kabupaten dengan DAS Barito yang memicu banjir kiriman dan luapan.

Secara keseluruhan banjir di Kalimantan Selatan tercatat, hingga Minggu (24/1), dari 11 kabupaten/kota yang terpapar banjir, sedikitnya ada 712.129 jiwa dari 179.035 Kepala Keluarga (KK) terdampak. Sementara yang mengungsi sebanyak 113.420 jiwa. (rf)

Check Also

Bukber SPS Sumut Jalin Silaturahmi

MEDAN, suaraborneo.com –  Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara mengadakan buka puasa bersama ( Bukber) …