Angin Puting Beliung Mengamuk! Dua Rumah Warga Desa Birayang Bawah Terdampak

PELAIHARI, SB – Dua buah rumah warga Desa Birayang Bawah RT. 6 Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut Senin (25/01/21) pukul 7 pagi disapu angin puting beliung.

Rumah milik Yani ambruk sedangkan rumah milik Syarkani mengalami kerusakan pada bagian atap.

Dikonfirmasi melalui telepon seluler kades Birayang Bawah, Mawardi membenarkan bahwa ada dua rumah warganya yang rusak bahkan salah satunya ambruk akibat angin puting beliung.

“Ada dua rumah yang kena angin puting beliung, rumah pak Yani ambruk dan rumah pak Syarkani rusak pada bagian atap, kurang lebih 20 atap seng yang terlepas. Baru ditempati kemarin oleh pemiliknya karena sebelumnya rumah-rumah warga disini semua terendam banjir,” ujar Mawardi kepada suaraborneo.com

Lanjutnya, para korban angin puting beliung saat ini mengungsi kerumah keluarganya yang kebetulan masih berdekatan dengan rumah korban. Ada 2 KK dengan total 7 jiwa yang terdampak angin puting beliung dan salah satunya masih bayi. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa maupun terluka.

“Sekitar 50% warga yang mengungsi akibat banjir kemarin telah balik kerumah masing-masing dan 5% rumah warga masih terendam banjir. Di RT 1 air masih menggenangi rumah dan jalan karena berada di bagian lebih rendah,” pungkas Mawardi.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG pertanggal 25/01/21 ada 12 kabupaten kota di Kalimantan Selatan yang dilanda hujan ringan,sedang, hujan petir dan hujan disertai angin kencang. Hanya kabupaten Tabalong yang cuaca cerah.
Di website resminya BMKG mengeluarkan peringatan dini Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang dan sore hari di wilayah Kab. Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjar, Barito Kuala, Tapin dan sekitarnya. (rf)

Check Also

Dirsamapta Polda Kalteng : Kami Akan Selalu Siap Bantu Tanggulangi Karhutla

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo.com – Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) kali ini ikut berperan …