DMI Kapuas Himbau Warga Selalu Disiplin Prokes

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Wakil Bupati Kapuas yang juga selaku Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor menghimbau untuk pelaksanaan ibadah dimasa pandemi Covid-19 ini, agar dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini disampaikannya guna menindak lanjuti Surat Edaran Bupati Kapuas tentang pedoman penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dan majelis ta’lim pada masa pandemi untuk mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

Dilanjutkannya, guna mencegah penyebaran Covid-19 ditempat-tempat ibadah, hendaknya masyarakat terus disiplin dalam protokol kesehatan, tetapi tetap aman dalam melaksanakan aktifitas keagamaannya. Pengurus rumah ibadah wajib melakukan pembersihan pada lantai, dinding dan perangkat bangunan rumah ibadah, baik sebelum maupun sesudah kegiatan ibadah.

“Pastikan juga seluruh jamaah menerapkan protokol kesehatan di area rumah ibadah, seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta menjaga jarak,”kata Nafiah saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (26/1/2021).

Dirinya pun mengajak masyarakat Kabupaten Kapuas untuk selalu bersyukur kepada Tuhan, karena selalu diberikan kesehatan jasmani dan rohani.

“Kepada masyarakat yang ada diwilayah Kabupaten Kapuas, kami kembali mengingatkan dalam rangka untuk mengantisipasi semakin menjalarnya virus Covid-19, agar setiap keluar rumah, selalu menggunakan masker, dan juga setiap dari luar rumah, hendaknya sebelum masuk rumah agar mencuci tangan dengan sabun,”tutur Wakil Bupati Kapuas itu.

Dalam hal ini, yang lebih penting lagi menurut Nafiah, saat melaksanakan ibadah di Masjid maupun Mushola masing-masing, hendaklah menjaga jarak satu sama lain.

“Jadi shaf-shaf dijarangkan sehingga nanti kita akan menjaga diri kita maupun orang lain agar tidak terkena virus Covid-19. Mari kita bersama-sama memaklumi kondisi saat ini, yang mana pandemi virus corona masih belum berakhir termasuk juga di Kabupaten Kapuas,”ucapnya.

Untuk pengurus Masjid maupun tempat ibadah lainnya di Kabupaten Kapuas, Ketua Umum DMI Kapuas itu berpesan agar selalu memastikan seluruh jamaah dalam kondisi sehat, tidak sedang sakit, batuk, pilek, dengan melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki rumah ibadah. Juga menerapkan jarak aman antar jamaah, dengan memberikan tanda khusus dilantai paling sedikit berjarak 1 meter dengan memperhatikan jarak aman guna menghindari terjadinya kerumunan serta menyiapkan fasilitas cuci tangan dipintu masuk dan pintu keluar atau di area yang terlihat oleh semua jamaah.

Meskipun program vaksinasi untuk masyarakat akan segera terealisasi, namun kewajiban masyarakat untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari harus selalu dilakukan secara ketat, termasuk penyelenggaraan kegiatan keagamaan.

“Mari kita selalu berikhtiar dan bertawakal dalam melaksanakan ibadah Sholat Jumat maupun sholat fardhu ditempat masing-masing dengan selalu menjaga jarak, sehingga kita terhindar dari virus corona ini.

Semoga dengan niat kita ini, kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT,”pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

JMSI Sultra Sah Terverifikasi Dewan Pers

Doc foto : Penyerahan dokumen verfak oleh anggota Dewan Pers kepada Pengda JMSI Sultra, Jumat …