Dinsos Sekadau Verifikasi Penerima PKH dan BNPT

SEKADAU, suaraborneo.com – Verifikasi dan validasi data bagi masyarakat yang menerima bantuan dari kementrian sosial terus dilakukan. Karena, data-data yang dulu pernah di usulkan sepertinya mengalami perubahan, maka dari itu perlu di lakukan perbaikan.

“Saat ini kita tengah melakukan verifikasi data penerima Bantuan sosial (Bansos) karna siapapun yang diangap layak menerima Bansos akan di masukan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sebaliknya yang tidak layak akan diganti,”kata Afronius Akim Sehan, kepala dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menjawab media ini, Kamis,(28/1/2021) di kantornya.

Menurutnya validasi data adalah keabsahan data NIK pribadi penerima bansos, karna apabila NIK tidak valid maka secara otomatis penerima akan terhapus oleh sistem.

Bukan hanya itu kata dia lagi,pihak juga memverifikasi penerima PKH dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai(BNPT) karna dulu banyak peneriam PKH dan BNPT beririsan atau doble.

“Jadi, sekarang tidak boleh lagi, karna yang menerima PKH tidak boleh sebagai penerima BNPT,” ungkap Afron.

Hanya saja, kata dia untuk menentukan siapa yang menerima PKH atau BNPT jika satu orang beririsan atau doble, yang menentukan Pempus melalui kementrian sosial. Kedua jenis bantuan ini peruntukannya berbeda, PKH untuk yang usia lanjut dalam keluarga.

Sementara BNPT lebih kepada perbaikan gizi, karna didalamnya terdapat jenis makanan yang mengandung kalsium dan gizi,”jelasnya.

Kabupaten Sekadau sambung dia, kini sudah tidak lagi termasuk kabupaten yang belum.pernah merubah data penerima Bansos, kini Sekadau sudah terhindar dari zona itu.

“Karena semua data penerima Bansos sudah kita verifikasi dan validasi ulang, sehinga siapa yang layak dapat, seharusnya dapat, yang tidak layak juga harus legowo,”ingatnya. (tim/ps)

Check Also

Bukber SPS Sumut Jalin Silaturahmi

MEDAN, suaraborneo.com –  Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara mengadakan buka puasa bersama ( Bukber) …