Tahap II, Lansia dan Petugas Publik Prioritas Vaksinasi

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Dalam rangka pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang telah dimulai sejak 13 Januari 2021 yang lalu dan dilanjutkan secara serentak pada 34 Provinsi. Oleh karena itu dilaksanakan rapat koordinasi untuk membahas pencapaian vaksinasi, strategi tunda/batal vaksin, rencana vaksinasi tahap dua.

Adapun rapat secara vicon yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tersebut diikuti langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Drs H M Nafiah Ibnor, MM didampingi Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas dr Agus Waluyo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi dan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tri Setya Utami, pada Senin (15/2/2021) di Ruang Rapat I Bappeda Kapuas.

Dijelaskan oleh Wakil Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono bahwa vaksinasi tahap kedua akan segera dimulai, untuk itu dirinya berharap Pemerintah Daerah dapat secepatnya menyelesaikan vaksinasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan.

Dirinya menargetkan 1,46 juta SDM Kesehatan sudah menerima dosis kedua vaksinasi sebelum tanggal 21 Februari 2021. Oleh karena itu ia meminta bantuan dari Pemerintah Daerah untuk mensosialisasikan dan mendorong partisipasi sasaran vaksin, sesuai dengan rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) untuk memberikan kesempatan yang lebih luas untuk orang dapat divaksinasi dan terlindungi dari covid-19.

“Dengan dikeluarkannya rekomendasi untuk pemberian vaksinasi pada umur 60 tahun keatas, maka pelaksanaan vaksinasi lansia akan dilakukan bersamaan dengan vaksinasi petugas publik. Untuk itu berdasarkan ketersediaan vaksin, oleh itu akan dilakukan prioritas distribusi vaksin dengan mempertimbangkan jumlah kasus, tingkat penularan dan kapasitas penyimpanan vaksin,”jelas Dante.

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Kapuas mengapresiasi dengan rencana pelaksanaan vaksinasi tahap kedua. Dirinya berharap agar pelaksanaan vaksinasi tahap kedua khususnya di Kabupaten Kapuas berjalan lancar. Oleh itu, ia berharap agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi sehingga sukses sehingga Indonesia secara umumnya terbebas dari Covid-19.

“Saya harapkan masyarakat tidak takut divaksin dan mau untuk divaksin, hal ini dilakukan agar Indonesia secara umum dan Kabupaten Kapuas secara khusus dapat terbebas dari covid-19 dan kehidupan kita kembali berjalan dengan normal,”harap Nafiah.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan Apendi mengatakan bahwa untuk proses tahap pertama vaksinasi di Kabupaten Kapuas yang ditunjukan kepada tenaga kesehatan saat ini pelaksanaanya sudah mencapai 76 persen. Sedangkan untuk tahap kedua yang ditunjukkan kepada pelayanan publik, vaksin tersebut akan datang diperkirakan di akhir bulan Februari serta pelaksanaan vaksinasi tersebut akan dilaksanakan secepatnya pada bulan maret.

“Kita sudah melakukan pendataan kepada Pelayanan Publik yang dimana kita sudah menindaklanjuti surat Sekjen Kementerian Kesehatan dan sudah kita teruskan melalui surat Bupati kepada semua OPD yang ada di Kabupaten Kapuas termasuk Pelayanan Publiknya untuk mengirimkan data sasarannya kepada kami dan sudah kami lanjutkan ke Pusdatin Kementerian Kesehatan dan berharap dapat cepat terealisasikan,”pungkas Kadinkes.(hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Bukber SPS Sumut Jalin Silaturahmi

MEDAN, suaraborneo.com –  Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara mengadakan buka puasa bersama ( Bukber) …