RSUD Kapuas Sediakan Pelayanan Periksa Swab RT-PCR SARS CoV-2, Umum Dan Mandiri

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Menindaklanjuti Keputusan Menteri Kesehatan No.HK.01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) untuk menegakkan diagnosis pasien yang terduga terinfeksi Covid-19, maka dibutuhkan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan metode deteksi molekuler/Nucleic Acid Amplification Test (NAAT) seperti pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Berkenaan dengan banyaknya permintaan tes mandiri dari masyarakat umum terkait permintaan pemeriksaan RT-PCR yang menjadi syarat atau kewajiban untuk melaksanakan pekerjaan di Perusahaan maupun Pihak swasta lainnya, maka RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menyediakan fasilitas pelayanan pemeriksaan RT-PCR untuk umum / mandiri.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sosroadmodjo Kuala Kapuas dr Agus Waluyo melalui Kepala Seksi Penunjang Medis Yessie, S.Sos, menjelaskan bahwa pemeriksaan RT-PCR yang dilakukan oleh Rumah Sakit atau Laboratorium saat ini memiliki tarif yang bervariasi, sehingga menimbulkan ketidakpastian bagi seluruh pihak terkait dalam pelayanan pemeriksaan RT-PCR.

“Berdasarkan hal tersebut, RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menerapkan standar tarif pemeriksaan RT-PCR, tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri atau mandiri,”jelas Yessie saat ditemui, Selasa (23/2/2021) di RSUD dr H Soemarno Sosroadmodjo.

Menurutnya batasan tarif itu tidak berlaku untuk kegiatan penelusuran kontak atau rujukan kasus Covid-19 ke rumah sakit, yang penyelenggaraannya mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari Pemerintah atau merupakan bagian dari penjaminan pembiayaan pasien Covid-19.

“Adapun tarif untuk pemeriksaan RT-PCR untuk permintaan sendiri atau mandiri yaitu Rp900 ribu dengan waktu pemeriksaan setiap hari kerja, Senin hingga Sabtu, pada pukul 08.30-10.00 WIB, kemudian pukul 12.00 WIB, dan pukul14.00 WIB, serta untuk hasil RT-PCR pun dapat selesai dengan cepat dalam sehari pengerjaan di Laboratorium Klinik Rumah Sakit Kapuas,” terangnya.

Dirinya berharap dengan adanya tambahan pelayanan RT-PCR mandiri ini, dapat membantu masyarakat Kabupaten Kapuas dan sekitarnya mendapat kemudahan untuk pemeriksaan kesehatan.(rsudkps/hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

MA Menangkan Gugatan Pemprov Kaltara atas PT Inhutani II sebesar 35 M

KALTARA, SuaraBorneo.com – Pelanggaran ekspolitasi hutan, oleh anak perusahaan PT Inhutani II Unit Semamu Kab …