Pemkab HSS Berikan Reward Pajak Kepada Pengelola Hotel, Restoran dan PBB

KANDANGAN, suaraborneo.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Pendapat Daerah melaksanakan kegiatan pengumuman dan penyerahan Anugerah Pajak Tahun 2020 dalam rangka sosialisasi sadar pajak yang dihadiri oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP, M.A dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Drs. H. Fahruraji Muhammad Noor, M.Si bertempat di Gedung Pramuka Kab. HSS, Kamis(25/02/2021).

Dalam Laporannya Kepala ‎Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah ‎Kabupaten HSS, Nanang Fahruraji Muhammad Noor, mengatakan penghargaan diberikan kepada tiga jenis pajak, yakni Hotel, Restoran dan PBB. “Tujuan memberikan reward untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang taat dan tepat waktu membayar pajak”, ujarnya.

Beliau juga menjelaskan penilaian untuk pajak Hotel dan Restoran yang dinilai terdiri dari Hotel 11 wajib pajak ‎dan 160 wajib pajak dan untuk PBB yang menjadi peserta 11 Kecamatan‎ dalam kegiatannya mengelola pajak di wilayahnya masing-masing. “Metode penilaian hotel dan restoran kesesuaian tarif dan ketepatan laporan. Dan untuk PBB berdasarkan jumlah target dan jumlah wajib pajak serta waktu pelunasan,” jelasnya.

Dalam wawancaranya, Bupati HSS mengatakan Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan pada akhir tahun pihaknya memberikan penghargaan kepada wajib pajak pengelola Hotel, Restoran dan Pajak Bumi Bangunan (PBB), “biasanya diserahkan pada saat apel karena pademi Covid-19 jadi kita serahkan hari ini sebagai reward penghargaan kepada mereka karena aktif melaporkan pajak ke Badan Keuangan Daerah pajak yang mereka pungut, tadi saya sampaikan agar mereka tidak ragu melakukan pungutan pajak Hotel, pajak Restoran dan PBB, kalau Hotel dan Restoran itukan sudah kewajiban orang yang menginap dan makan bayar, mereka hanya membantu memungutkan saja mereka tidak ada beban membayar tapi yang bayar yang menginap dan makan”, ucapnya.

Beliau juga mengatakan kedepan akan melengkapi sarana pemungutan yang bisa terkontrol dengan baik, “paling tidak semangat mereka melaporkan secara manual ada semangat mereka untuk membantu Pemerintah Daerah mengumpulkan dana pendapatan hasil Daerah , mudahan mudahan nanti bisa dilengakapi dengan mesin dan bisa lebih akurat lagi kedepannya”, ungkapnya.

Bupati HSS juga menambahkan termasuk reward PBB tadi diserahkan untuk memotivasi bagi para Camat agar mereka setiap tahun bisa melunasi PBB, “rata-rata mereka melunasi pajaknya, cuma kita ingin kecepatan ketepatan mereka membayar itu yang dinilai, jadi rewardnya diberikan berupa uang pembinaan, PBB adalah sumber PAD kita yang dulu disetorkan kepusat dan beberapa tahun terakhir sudah diserahkan, meskipun kita menghimpun dana dari PAD pada saat tertentu kita pun memberikan keringanan kepada wajib pajak, contohnya pada saat pandemi covid-19 semua PKL kita tidak dipungut lagi retrebusinya. termasuk kemarin sampai berapa bulan pajak-pajak toko 60% tergantung situasi dan kondisi namun ada potensi pajak yang akan kita pacu di 2021 ini pajak sarang burung walet akan kita tegakkan kepada mereka nanti wajib membayar pajaknya ke Daerah karena itu salah satu usaha mereka”, tambahnya.

Adapun para peraih penghargaan Anugerah Pajak Tahun 2020 adalah :

A. Kategori Wajib Pajak Restoran Terbaik
1. Terbaik 1 : Sate Abadi JL. Soeprapto
2. Terbaik 2 : Rocket Chicken Hamalau
3. Terbaik 3 : Rocket Chicken Simpang 5
4. Terbaik 4 : Sate Abadi Jalan Merdeka
5. Terbaik 5 : Rumah Makan Wongsolo
6. Terbaik 6 : Rumah Makan Munalisa
7. Terbaik 7 : Rumah Makan HJ. SANAH
8. Terbaik 8 : Bakso SIS

B. Kategori Wajib Pajak Hotel Terbaik
1. Terbaik 1 : Losmen Sentosa
2. Terbaik 2 : Wisma Hamawang
3. Terbaik 3 : Hotel Grand Sandaga Syariah
4. Terbaik 4 : Hotel Qianna INN

A. Kategori Kecamatan
1. Terbaik 1 : Kecamatan Angkinang
2. Terbaik 2 : Kecamatan Kandangan
3. Terbaik 3 : Daha Utara

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab.HSS Drs. Efran, M.AP, Staff Ahli, para Kepala SKPD Lingkup Pemkab.HSS, para Camat se Kab.HSS, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan” (Dinaskominfohss/Ari-SB)

Check Also

Sambut Bulan Ramadhan, Bank Kalsel Hadirkan Obrolan Santai Nan Inspiratif

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Menyambut Ramadan tahun ini, Bank Kalsel mempersembahkan rangkaian kegiatan bertajuk ‘Mozaik Ramadan’. …