Disdukcapil Kapuas Lakukan Verifikasi Data Penduduk

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Guna mensukseskan gerakan “Satu Data Kependudukan” Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Konsolidasi Data Penduduk bagi yang belum melakukan Perekaman KTP Elektronik di beberapa Kecamatan di Kabupaten Kapuas, Jumat (26/02/2021).

Kegiatan secara perdana dilaksanakan di Desa Sei Jangkit, Kecamatan Bataguh pada tanggal 25 Februari 2021 lalu yang dihadiri langsung oleh Plt. Kepala Disdukcapil Kapuas Sipie S. Bungai, didampingi Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Nerylia Paulina dan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Tornanto. Turut hadir juga Camat Bataguh Syuryadin dan Kepala Desa Sei Jangkit yang diikuti 20 Kepala Rukun Tetangga selaku narasumber data penduduk di Desa Sei Jangkit.

Kepada Aparat Kecamatan dan desa/ kelurahan, Sipie menjelaskan tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui jumlah penduduk real/yang sebenarnya, yang belum melakukan perekaman, meminimalkan data penduduk yang ganda, mengetahui status penduduk baik pindah domisili ataupun meninggal. “Sehingga data Kependudukan di setiap Kecamatan maupun desa/ kelurahan benar-benar valid,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan terkait sasaran Verifikasi dan Konsolidasi Data Penduduk ini adalah 10 Kecamatan yang meliputi 55 desa yang ada di Wilayah Kabupaten Kapuas. Melalui Kegiatan ini diharapkan data penduduk di masing-masing kecamatan dapat terverifikasi langsung, sehingga mengurangi data kependudukan yang ganda, diketahui status penduduk meninggal dan status pindah serta penduduk yang tidak diketahui keberadaannya.

“Oleh karena itu dalam upaya pencapaian target dan sasaran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas melalui Tim Verifikasi akan selalu berupaya untuk melakukan kegiatan Verifikasi dan Konsolidasi Data Penduduk yang belum melakukan Perekaman KTP Elektronik di Kecamatan maupun Desa dan Kelurahan yang ada di Wilayah Kabupaten Kapuas,”tutur Sipie.

Sementara itu, H. Hamdi Kepala Desa Sei Jangkit bersama seluruh Ketua RT dalam kesempatan tersebut menyambut baik kedatangan Tim Verifikasi Data dari Disdukcapil Kabupaten Kapuas.

“Dengan telah dilakukannya verifikasi dan konsolidasi data ini, penduduk akan jelas status Kependudukannya. (Dsdkcpl/hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Sambut Bulan Ramadhan, Bank Kalsel Hadirkan Obrolan Santai Nan Inspiratif

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Menyambut Ramadan tahun ini, Bank Kalsel mempersembahkan rangkaian kegiatan bertajuk ‘Mozaik Ramadan’. …