Dishub Kapuas Jalankan PKB Sistem Sim Card

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas melalui Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) sudah melakukan pengujian kendaraan bermotor dengan menggunakan sistem Sim Card pada Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) PKB. Hal ini telah berlaku sejak September tahun 2020 yang lalu sebagai tindak lanjut dari edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Tanggal 17 November Tahun 2020 No.AJ.502/33/7/DRJD/2020 tentang penggunaan bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor.

Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Vitrianson melalui Pelaksana Harian yang sekaligus Kasi Pengujian dan Sarana David Oraplean menuturkan, untuk penerbitan Sim Card berkala ini, persyaratannya yaitu membawa foto copy KTP, foto copy STNK, buku KIR asli dan SRUT untuk uji baru.

“Pemilik mobil juga harus membawa unit mobilnya tanpa aksesoris tambahan untuk pengujian dan visualisai secara langsung yang kemudian diinput dalam sistem yang sudah terkoneksi dengan Kementerian Pusat,”katanya saat ditemui di lokasi pengujian kendaraan bermotor yang terletak disamping kawasan Terminal Banama, Jalan Trans Kalimantan Kapuas, Selasa (9/3/2021).

Dijelaskannya lebih rinci, untuk bukti KIR dengan sistem digitalisasi dan pewajib uji KIR mendapatkan beberapa item BLUe seperti, Kartu Uji berupa Smart Card sebagai pengganti kartu uji berkala/buku uji dan Tanda uji berupa sertifikat sebagai bukti lulus uji yang memuat data teknis kendaraan dan hasil uji berkala sebagai media alat bantu petugas dalam pengawasan, pemeriksaan dan keselamatan kendaraan bermotor di jalan.

“Dengan jadwal pengujian berdasarkan hari kerja yaitu Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00-15.00 WIB,”ucapnya.

Lebih lanjut, hingga saat ini David mengungkapkan sudah ada sekitar 700 an unit kendaraan bermotor di Kabupaten Kapuas yang telah melakukan pengujian menggunakan sistem Card ini.

“Harapan kita bagi masyarakat, khususnya pemilik mobil angkutan yang masih memegang Surat Uji Sementara, agar segera memperbaharuinya dengan sistem BLUe dimaksud di Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas ini,” pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

MA Menangkan Gugatan Pemprov Kaltara atas PT Inhutani II sebesar 35 M

KALTARA, SuaraBorneo.com – Pelanggaran ekspolitasi hutan, oleh anak perusahaan PT Inhutani II Unit Semamu Kab …