Kelompok Tani Anggrek Gonis Tekam Panen Raya Padi Verietas Inpari 42

Sekadau, suaraborneo.com – Kelompok Tani Anggrek bekerja bersama dengan Program Polisi Sahabat Petani unit Binmas Polsek Sekadau Hilir dan Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan kabupaten Sekadau panen raya padi Verietas Inpari 42 di desa Gonis Tekam kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (9/3/2021).

PLT Bupati Sekadau, yang diwakili oleh asisten II sekda kabupaten Sekadau, Paulus Yohanes mengatakan kabupaten Sekadau saat ini sudah mampu menghasilkan beras 3364 ton.

“Ini salah satu kerja nyata, dan ketahanan pangan ini menjadi prioritas kita sesuai dengan program pemerintah. Kita di kabupaten Sekadau sudah mengembangkan teknologi informasi, yang bisa memetakan wilayah pertanian sehingga bisa diketahui berapa akan dibutuhkan benih dan sebagainya,” kata Yohanes.

“Kabupaten Sekadau saat ini sudah mampu menghasilkan beras 3364 ton, terimakasih atas kerjasama semua kelompok tani,” papar Yohanes.

Kepala dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae mengatakan dan mengharapkan kelompok tani Anggrek ini bisa lebih semangat dan menghasilkan padi yang lebih baik dipanen berikutnya.

“Mudah-mudahan dengan panen raya kelompok tani Anggrek ini bisa menjadi semangat lagi untuk anggota kelompok tani, semoga nanti nya akan ada peningkatan di panen berikut nya,” jelas Sandae.

“Terakhir saya ucapkan selamat kepada kelompok Tani Anggrek, PPL dan Polisi sahabat petani yang telah bekerja sama dengan baik,” tambah Sandae.

Sementara itu, kepala desa Gonis Tekam Rijal Arafat, dalam sambutannya mengatakan luas sawah yang dikelola kelompok tani Anggrek sekarang berkisar 100 ha lebih.

“Saya sebagai kepala desa, sangat mengapresiasi kelompok tani Anggrek yang sangat luar biasa, dengan luas sawah kurang lebih 421 ha, sebelum ditanami karet dan sawit, sekarang sisa sekitar 100 ha lebih,” jelas kades Gonis Tekam.

Ketua kelompok tani Anggrek, Sagiman mengatakan kelompok tani anggrek berdiri tahun 1988 dengn anggota 25 orang, dan kelompok tani ini setiap tanggal 14 setiap bulan mengadakan pertemuan.

“Kelompok tani Anggrek ini sudah lama terbentuk, dari tahun 1988 dengan anggota 25 orang, dan kami juga mengadakan pertemuan setiap bulan nya yaitu setiap tanggal 14,” kata ketua kelompok tani Anggrek Sagiman.

Panen raya padi Verietas Inpari 42 di buka langsung oleh PLH bupati Sekadau yang diwakili oleh asisten II sekda kabupaten Sekadau. (ps)

Check Also

Sambut Bulan Ramadhan, Bank Kalsel Hadirkan Obrolan Santai Nan Inspiratif

BANJARMASIN, suaraborneo.com – Menyambut Ramadan tahun ini, Bank Kalsel mempersembahkan rangkaian kegiatan bertajuk ‘Mozaik Ramadan’. …